Rabu, 27 Februari 2013

Mengatasi dan mengobati mencret / diare pada kucing

Kotoran kucing yang baik adalah kotoran yang berbentuk padat. Jika kita melihat kotoran kucing yang cair dan lembek perlu diwaspadai kucing anda terkena gejala diare .

Untuk mengetahui pengobatannya, ada baiknya kita perlu mengetahui apa penyebab kucing menjadi diare. Ada beberapa penyebab yang membuat kucing diare, antara lain :


  1. Perubahan jenis makanan, perubahan jenis makanan yang mendadak dapat membuat sistem pencernaan kucing tidak berfungsi baik. Ada baiknya untuk perubahan jenis makanan kucing, misalkan satu merek ke merek lain, dilakukan secara bertahap. 
  2. Memakan makanan yang buruk bagi kucing, contohnya adalah memberikan kucing susu yang mengandung laktosa yang terdapat pada susu manusia pada umumnya. Untuk jenis makanan yang pantang bagi kucing untuk memakannya dapat dilihat di laman ini : makanan yg berbahaya.
  3. Virus, infeksi virus, misalnya rotavirus dan adenovirus
  4. Perubahan iklim dan cuaca
Ketika kucing terindikasi terkena diare, segera konsultasikan ke dokter hewan. Namun untuk tindakan pertamanya bisa kita lakukan tindakan sebagai berikut : 


  1. TEMPEbisa jadi salah satu alternatif makanan alami yang bisa meringankan diare sekaligus mengontrol populasi mikrobia penyebab diare.caranya: cukup di campurkan pada makanan biasanya, kalo tidak mau makan, tempe bisa direbus pake kaldu ayam, untuk merangsang nafsu makan kucing.
  2. PUASAKAN KUCINGPuasakan kucing dewasa 24 jam, anak kucing 12 jam. Jangan dikasih makan, cukup sediakan minum air putih. Diminumin VCO (Virgin Coconut Oil) 5 ml sehari kucing dewasa, 2,5ml kitten.
  3. Berikan oralit untuk mencegah dehidrasi 
  4. Ganti makanannya bila penyebab diare karena perubahan jenis makanan


Untuk penggunaan obat diare yang biasa digunakan manusia, seperti entrostop , diapet dll berdasarkan pengalaman orang, dapat menyembuhkan diare. Namun alangkah bijaknya jika dokter yang memutuskan pengobatan apa yang pas untuk kucing kita 

148 komentar:

  1. wah kucingku mengalami diare nih...

    Ada dua kemungkinan sih,
    1. Penggantian merek makanan
    2. Susu yang saya berikan

    Suspect (SUSU), nunggu besok lusa sembuh tidaknya nih kucing...! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, gak semua susu boleh diminum kucing

      Hapus
    2. ada pengaruhnya ga, kucing yg diare dengan selaput putih dimata kucing ?

      Hapus
    3. wah saya kurang tw,coba langsung hubungi ke dokter hewan karena kalo sudah berkaitan dengan mata, salah obat bisa fatal :)

      Hapus
    4. Selaput putih di mata kucing itu terjadi karena dehidrasi, bisa jadi karena kurang minum, bisa jadi karena diare juga.

      Hapus
  2. Kucingsaya baru 1 seminggu umurnya tapi sudah di tinggal induknya , saya biasa kasih dia SGM Soya saja dan kotorannya lembek , berair , apa itu tanda dia sakit diare ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tandanya susunya ga cocok sama mpusnya. Coba berikan susu yg khusus untuk kitten yaitu KMR atau susu merek lain contoh RC Babycat ,Vitacraft milk dll. Selain susu khusus tersebut tidak bagus untuk kucing

      Hapus
    2. teman kamu ada yang mau kucing nggak

      Hapus
  3. Tapi katanya susu kucing 300ribuan ?
    Saya masih pelajar , mbok ya ndak punya uang segitu -_-
    Ada yang lebih murah ga mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KMR murah kok, sebungkus 15rbu.Klo yang merek memang mahal tp KMR pun sudah bagus

      Hapus
    2. Ohh gitu heheh makasih maas ...
      ohh iya saya juga baca posting tentang pasir kucing, pasir kucingnya sendiri berapaan mas ?
      Dan mas ko kucing saya suka bersin ya ? Apa dia kena flu kucing ?

      Hapus
    3. Tergantung tipenya, klo yang zeolit biasa saya beli dipetshop satu karung isi 25kg harganya 20rbu. Tapi kalau yang wangi dan gumpal 2kg bisa 20rbu. Iya kena flu itu, ciri2nya hidung berair dan bersin2 , atau jangan2 dy alergi bulu kucing piss

      Hapus
    4. Susu sapi jga bisa,tp hanya susu yg tdak mgandung lactose. Krna kndungan itu bhaya buat kucing,slah satunya bkin diare.... krna organ pncrnaan kucing tdk mampu mencerna lactose. Susu SGM LLM+ tu sngat disarankan,selain susu khsus kucing. Dlu aq jga pake sgm llm

      Hapus
    5. Susu KMR murah kog 1 sachet kecil cuma 5rb, yg ukuran besar malah cuma 25rb.

      Hapus
  4. maksudnya di kasih tempe yang mentah ya....?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, tp klo kucingnya ga terlalu minat bisa direbus dahulu dengan kaldu untuk aromanya

      Hapus
    2. wah sangat menarik untuk di coba,trims untuk tips nya tapi apakah aman kalo diberikan pada kucing hamil?

      Hapus
    3. Kurang tw ya klo buat kucing hamil, tp klo mnurut ku yag msalah, drpda pke obt2an kimia

      Hapus
    4. iya kali .oya rumah kamu mana

      Hapus
  5. obt yg bagus tuk kucing yg pubnya sedikit basah alias tidak padat sprti biasanya gtu ap y??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan makanannya ga cocok, coba diganti makanannya

      Hapus
  6. kucing2 sy bab nya lembek,dr kemaluanya mengeluarkn cairan n brbau,tdk mau makan,sampe2 ada yg bbrp mati,tolong solusinya..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh sudah gawat itu ,langsung dibawa ke dokter aja, pisahkan yang masih sehat dgn yg kliatan sakit

      Hapus
  7. Awalnya kucingku minum susu krim + makannya nasi + pindah + whiskas , itu dia sehat lincah kotorannya padat.
    Tp stlh 2 hari kemudian Ğк mau minum , Ğк mau makan maunya cuman tidur,dia jg diare ,, trus bunyi pernafasannya kayak kodok. Mohon sarannya Ɣªª ? Aku hrs gmn sblm hrs kdokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi ga boleh mas, g bisa dicerna kucing n bikin mencret

      Hapus
  8. Mas, numpang nanya yahh,,
    Bahaya ga si mas klo kitten dimandikan setiap hari ?? Kbtulan sya mandikan dgn air hangat ,,

    N pup kucing sya jga 2 hri ni terlihat ga biasa,,maknan sma sperti yg sy berikan sblmnya,,cma klo keluarga sya lgi mkn,,kitten nya minta jtah jga,,
    Akhirnya di kasih deh,,kadang pke ati, ayam goreng n ikan bandeng, tpi ga banyak juga,,
    Apa itu sebab pup nya jdi beda ya mas ??
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga baik mbak kalo dimandikan tiap hari, pada dasarnya kucing mempunyai cara tersendiri untuk mandi, yaitu dgn cara menjilati bulunya sendiri. Jadi jgn terlalu intens mandiinnya karna sifatnya kucing adalah takut air meskipun airnya anget tetep aja takut. Minimal seminggu sekali.

      Makanan yang berbeda bisa membuat pupnya beda, karna meskipun kucingnya suka tp kalo tdk dpat dicerna sempurna hasilnya ya gitu. dicobain aja kasih satu2 macem dulu dan dicek mana yg salah

      Hapus
  9. Kucing saya diare selama 2 hari sampai skrng terus hidung dan telapak kakinya bewarna pucat :(. Mau dibawa ke dokter tpi belum ada duit.

    Penyebabnya saya kurang tau pasti. Entah itu karena makanan (saya kasih kepala ayam rebus dan ikan pindang) atau karena pengaruh minyak kayu putih yang saya olesin di kepalanya agar kutunya hilang 2 hari yg lalu. Soalnya baru2 ini saya baca klo minyak kayu putih berbahaya bagi kucing. Nyesel saya, takutnya dia keracunan sama minyak kayu putih :(.

    Solusinya apa ya? klo diarenya di kasih obat diatabs boleh gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo diare, bisa pakai tempe, sebab bakteri tempe bisa mengobati mencret.

      Logikanya kalo pake obat diare manusia sih bisa, yg harus diperhatikan ya dosisnya

      Hapus
  10. sorry nih, kucing saya ada 4. empat4nya diare semua. dan ini udah 1minggu lebih. ada saran? saya stres nih. sdgkan untuk bawa ke dokter nggak ada biaya:'( please sarannya. kayaknya karna saya suka kasih susu dancow yg putih deh. plsplspls sarannya. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama distop dulu pemberian susu dancow nya karena itu kemungkinan besar penyebab mencret. kedua puasakan kucing seharian namun tetap minum air putih. tiga coba cek makanannya, sewaktu sehat makan apa waktu sakit makan apa. empat pengobatan alami menggunakan tempe utk dimakan

      Hapus
  11. Kucingku masih bayi 3 masih 1,5 bln tapi mencret, makanannya aku kasih makanan kitten kering dan basah merknya nggk pernah ganti, tapi akhir2 ini mereka suka ngumpet dikamer mandi, takutnya minum air mentah, itu ngaruh nggak sih? Trus aku harus gmn? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. memangnya induknya kemana ? kalau 1,5 bulan msih perrlu susu induknya sampai umur 2 bulan

      Hapus
  12. Kalau kucing saya tiap hari dikasih madu setengah gelas kecil kurang lebih 100ml dicampur dengan hebatussauda kapsul (dibuka kapsulnya isinya dicampur madu). Cara ngasihnya pake suntikan paling kecil gk pake jarum trus disuapin ke mulut kucing. Untuk menjaga kesehatan sehari sekali pagi hari kalau mengobati sehari bisa sampai 2-3x. Setengah gelas itu bisa sampe 2-3 minggu jd hemat. Dulu kucing saya yang suka muntah, batuk, pilek, bersin, lemah, letih, lesu Alhamdulillah sekarang sudah lincah lari kesana kemari. Semoga bisa membantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nurul pebrina7 Maret 2014 20.37

      Kapsul nya hebatussauda dapet belli d mana ya mas dan kapsul nya khusus manusia apa kucing ada nya d mana blz dong gan saya butuh bgtd informasi nya soal nya d tempat saya tgl gx ada pet shop / dokter hewan saya tinggal d subang

      Hapus
    2. Mba nurul, kl di kota subangnya bawa aja kucingnya kedinas peternakan, kl mo klinik pet ada di jln DI Panjaitan disitu ada

      Hapus
  13. Oh iya, untuk kapsul hebatusnya, setengah gelas kecil madu itu biasa saya campur 3 kapsul (isinya saja)...

    BalasHapus
  14. gan, kalo kucingnya mencret trus dikasih tempe itu yang udah mateng aa yang masih mentah ya mas ??

    BalasHapus
  15. apa karna termakan tumbuhan yang bergetah bisa membuat kucing mejadi diare mas ? :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh kok bisa makan tumbuhan bergetah ? biasanya cuma makan rumput saja kok. Mungkin itu penyebab diarenya

      Hapus
    2. termakan tmbuhan yang bergetah pas main dihalaman rumah -,-
      itu kucingnya ratih minumin oralit mas dan udah lmayan agak mendingan, yang kemaren gak mau makan sekarang udah mau , tp gak terlalu lahap kaya dlu sih :( . ada saran gak mas biar kucing ratih cepat sembuhnya ? :(

      Hapus
  16. mau tanya mas kucing sya udh 3 hri pupnya basah alias mencret aq bngung mau ksh obt apmau aq bwa k dokter tp aq kuliah ful mas,,,, mohon segera sarannya di tunggu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari dulu kira2 penyebabnya apa, apakah karena makanan yg diganti, susu atau cuaca

      Hapus
  17. kucingku diare sih, tapi tubuhnya habis, ga mau makan nih
    awal dulu kucingku masih umur 5bulan, mainan ke asbes rumah
    eh ga tau aku, jatuh dari asbes
    sampe sekarang terus netes aja duburnya, kasian
    kemaren kubelikan obat antimun di petsop, mau makan, tapi tetap netes.
    kukasih entrostop, baikan bentar
    sekarang masih sakit, eh iya a, itu alat vitalnya bengkak kenapa ya? itu efek abis jatuh dari atab rumah ya 2meteran tingginya, kalo tidur tengkurap gitu jadinya
    dan dokter hewan ga ada. aku tinggal di malang, jatim]
    mohon bantuannya bro sis

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ada sakit di organ dalam ,cb bawa kedokter

      loh saya dimalang juga kok, dan dsini banyak bgt dokter hewannya, mbaknya malangnya dmna ?

      Hapus
    2. aku cowok XD
      malang kedungkandang
      mahal ga gitu pengobatannya, maklum cuma kucing biasa sih bukan ras, tapi sayang banget aku
      sekarang ga mau makan malah ini :'( harus di paksain dulang makanan ikan nya
      tubuhnya abis, tinggal keliatan tulang, hiks t.t

      Hapus
    3. wkakakak tak kiro cewek sam

      wah klo biayanya kurang tau, tp kemungkinan besar memang sakit dalem sam, jadinya obatnya pun ane kurang tw sebelum ada diagnosa dokter. Dirawat aja sam sebaik2nya

      Hapus
    4. tas mangan iwak seng amis2 tapi titik mek an, senengane ngombe tok, moso flu pisan?

      Hapus
    5. yg pasti nafsu makane seng kurang, kasih kuning telur ae sam dicoba

      Hapus
  18. Mas mau tanya dong..kucingku msh kitten, udh 2hr ini ketahuan diare.. kmgkinan sih karena pergantian cuaca..krn maem nya msh sama sprti yg biasa aku kasih.. kira2 harus aku apain dulu ni mas? Dipuasain 12 jam dgn ttp dikasih minum.. trus gmn lagi ya? Bingung mas..panik saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih makan tempe, lalu diberikan tempat yg hangat kalo perlu ditambah dengan lampu spya hangat

      Hapus
    2. Kucing aku jg pny masalah yg sm. Kitten 2 bln tiba2 mencret. Pdhl aku ksh makanan yg sm. Itu knp ya bs tiba2 gt.. cuaca juga normal2 aja. Itu klw tempe mentahnya d campur sm rebusan daging ayam giling gpp? Biar c kucing nya mw mkn...

      Hapus
  19. Mas, kucingku pupupnya lembek. Kayaknya si krn ganti merk makanan krn mau beli merk sebelumnya lg g ada. Kemarin pupupnya udah bener, kok sekarang lembek lg ya. Apa aku terusin kasih makanan yg sm ato balikin lg k merk sebelumnya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di gantinya perlahan lahan aja, jgn lgsung full 100% diganti, berthap supaya kucingnya bisa adaptasi

      Hapus
  20. mas mau tanya! aku punya kucing masih 3 bulan. pup nya mencret kayak air. makanan nya pindang, masih mencret, trus dikasih whiskas wetfood juga masih mencret aja. skrg dikasih dryfood tapi belum keliatan perubahannya sih.. tapi dia masih lincah aja walaupun diare, solusinya gmana ya? dikasih tempe mentah kalo ga mau digimanain mas? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba dikasih tempe mentah dan dry food,

      Hapus
  21. gan, kucing ane umur 2 stengah bulan mencret2 trus
    udah ane kasi diatap, sempet sembuh 1 hari, trus mencret lagi
    kemarin mencretnya dah membaik,hari ini malah parah lagi, sama di mencretnya itu ada nasinya
    kucing saya makannya nasi+ikan, cat food, sama ane kasi susu ultra milk 3 hari sekali
    gan, kira2 solusinya apa ya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu susu sama nasi dilarang buat kucing, kucing ga bisa mencerna dan salah satu akibatnya kucing menjadi mencret

      Hapus
  22. Kak kasi tips buat mpus biar cepet ndut dong, mpusku janntan 8 bln beratny 2,6 tp akir2 ni makn ny kurang pdhl aku kasi rc trus kalo yg makanan basah sama sekali gak disentuh merk wi****h pdhl mpusku yg sebelunya ni suka bgt dikasi makanan basah meerk tsb , trus mau tny juga itu ti**t'ny kok ndak keliatan ya pdhl uda 8 bln :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dikasih kuning telor kucingnya, kalo masih kurang bisa ditambah vitamin penambah gizi contohnya kittybloom

      Hapus
    2. gan itu kuning telor beneran bisa buat ngegemukin ta??

      Hapus
  23. Kucingku mencret nih. Dikasih obat diare gapapa kan?

    BalasHapus
  24. ah, jadi bener karena makanannya saya ganti yak. Supaya kagak diare lagi saya ganti ke makanan yang awal, tapi masih diare. ini gimana?

    BalasHapus
  25. diare pada kucing hamil gmn gan

    BalasHapus
  26. kucingku umurnya masih beberapa hari, kuberi minum susu lactogen. Trus dia kencing* biasa, blum BAB. Eh, pas BAB tinjanya langsung keras, tetapi ketika pagi hari langsung mencret. Dan mencretnya diiringi dgn darah lg.
    Krn stres, aku akhirnya ganti susu dgn mrek yg sama. Dan akhirnya dia udah gk berak darah lg, walaupun masih mencret.
    Menjelang 1 minggu lbh aku rawatnya, dia tiba* mencret dgn diiringi cacing galeng. Dan cacing gelang i2 pun masih idup.
    Aku pun akhirnya memberikan dia obat cacingan utk manusia, dan hasilnya dia ngeluarin banyak cacing, tp cacingnya udah mati smua. Tp dia tetap aja masih mencret.
    Bahkan skrg badannya leman dan ngeluarin cairan trus di anusnya, nafasnya trsengal-sengal dan trkadang kejang.
    Aku stres menyaksikan smua ini.
    Ap yg harus aku lakukan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama mencret karena dia cacingan , kedua mungkin dosis yg diberikan terlalu over, sehingga mengganggu pencernaan nya. Apalagi masih kitten dimana perutnya masih sgt sensitive

      Hapus
  27. Mas tolongin donkk . Bayi kucing yg ak temuin 2 hari yg lalu dia kyk x mncret" n bdan x lemes bnget .. ak takut dia mati ntr ... umur x msih blom ad 1 mnggu kyak x ... msih kecil bngt . Mulai mncret" x hari ini tdi dandia lemes bnget .. padahl biasa x dia suka meong" mnta susu .. tp ini tadi 1 hari full dia ngk mau mnum susu .. ak ksih pke dot pun di kluarin sama dia . Please help me .. ;(

    BalasHapus
  28. Mas tolongin donkk . Bayi kucing yg ak temuin 2 hari yg lalu dia kyk x mncret" n bdan x lemes bnget .. ak takut dia mati ntr ... umur x msih blom ad 1 mnggu kyak x ... msih kecil bngt . Mulai mncret" x hari ini tdi dandia lemes bnget .. padahl biasa x dia suka meong" mnta susu .. tp ini tadi 1 hari full dia ngk mau mnum susu .. ak ksih pke dot pun di kluarin sama dia . Please help me .. ;(

    BalasHapus
  29. Mas mau tanya, kucingku 5bln, 2hari yg lalu ketumpahan minyak goreng dan pas kejadian ga ketauan krna aku di kantor, tau2 plng kantor aku liat badannya udah minyak goreng smwa nah skrg malah jadi muntah2 trus ky yg diare soalnya di bulunya ky ada feses yg nempel gtu, itu bahaya ndak ya ? Trus muntah + diare nya itu efek dr minyak goreng ? Td skitar jam12an aku kandangin dy, kasian ga tega krna biasanya ga pernah aku kandangin, mohon sarannya ya mesti gimana ?

    BalasHapus
  30. Kabar gembira buat yg lagi panik gara2 kittennya diare bisa dikasih norit dlu 3butir di gerus campur air trus minumin yaaa... Jgn lebih dosis sehari sekali 3butir yaa TIGA butir aja :)

    BalasHapus
  31. Gan, saya ada 12 kucing, 1 himalaya jantan 1 thn lebih, 1 anggora betina 1thn lebih , 3 mix lokal 5 bln, 6 anakan 3 bln masih menyusui ,apa itu wajar ? Awalnya aku kasih makanan kering babnya padat, trus makanan basah kaleng 1x malam hari saja, kok mulai lembek ,trus gonta-ganti merk makanan basah malah diare, kecuali himalaya tetap lembek ( tdk padat) hampir 1 bulan. Katanya ikan untuk nambah gizi, apa benar gan? Sekarang sdh 1 minggu ada yg cair,ada yg lembek dan berair,ada yg lembek dan ada sedikit darah. Padahal sdh 1minggu juga aku kasih makanan kering gmn ngatasinya gan? Tapi semua masih mau minum dan makan. Makanan apa yang harus aku berikan? Kasian ibunya sdh diare masih nyusui juga. Gmn juga agar kucing betinaku agar tidak hamil lagi ?

    BalasHapus
  32. O ya makanan basah sudah saya hentikan 1 minggu ini. Oya gan gimana cara menghentikan menyusui 2 mix lokalku itu. Kasian, awalnya sih sudah enggak nyusu ibunya, lama-lama liat adiknya lha kok pingin nyusu lagi. sekarang ibunya jadi nyusui 8 anak. Semua kucingku tidak aku kandang gan.

    BalasHapus
  33. Ak baru nemu kucing, umurnya ngk ad 1bln. Udh 4hri ni baik2 aj, tp td pagi jm 3, dy mencret, itu knp y?
    Dy mkan nasi + sgala jnis ikan. Trs ak ksh susu SGM soya. Nasi bru ak ksh shari belakangan, shari cuma satu sendok, ap itu msalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasi ga baik untuk kucing, dan susu hanya yg non laktosa

      Hapus
  34. Ak baru nemu kucing, umurnya ngk ad 1bln. Udh 4hri ni baik2 aj, tp td pagi jm 3, dy mencret, itu knp y?
    Dy mkan nasi + sgala jnis ikan. Trs ak ksh susu SGM soya. Nasi bru ak ksh shari belakangan, shari cuma satu sendok, ap itu msalahnya?

    BalasHapus
  35. gan ,saya punya 3 kucing umurnya 5 blnan .semuanya mencret udh 3 blnan .cra sembuhinnya gmana ya gan?

    BalasHapus
  36. Kucing aqu qo uda beberapa hari ini gamau makan , tapi buang air.a aiir semuaa , uda gitu knpa yaa mata.a berair dan gabisaa kebuka sebelaah !???? Agak bengkak !??

    BalasHapus
    Balasan
    1. matanya yang bengkak dilap perlahan pake waslap dengan air anget, trus dikasih teramicyn. Mungkin ga nafsu makan karena sakit matanya

      Hapus
  37. sam.. aku nemu kucing . dan.. pupnya ko lembek yahh. tiap malem rada berisik meong2 mulu, tiap pagi-siang molor. ta kasi makanan kucing yg aku beli di petshop lahkoo pupnya lembek -_- . masalahnya aku gatau siapa juragannya dulu. jadi aku gatau dia dulu maemnya apa? aku kudu yapaa? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. geda apa kecil kucingnya ? klo udah gde kemungikinan lagi birahi sam, klo kecil ya kangen induknya ataw sodara2nya. Dikasih terus aja , masih adaptasi pup nya lembek, klo udah semniggu masih lembek ganti aaja pakannya ke merk lain S4s4J1

      Hapus
  38. Novi Christina29 Januari 2014 18.35

    Kak, Aku punya kucing masih kecil sih. Dia kalo pup cair + nafsu maka berkurang Panik banget ngeliat dia jadi lemes. Mintaa tolong saran untuk mengobati'a, ka!

    BalasHapus
  39. Kak..aku punya kucing umur 1 tahun..lagi hamil terus dia ska batuk2 ato bersin2 gitu..udah gitu pub nya kdang lembek kdang cair..sering bgt dia batuk2 smpe kya mu muntah..harus gimana yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung dibawa ke dokter segera ya

      Hapus
    2. ka saya punya kucing saya itu dibulu nya ada gumpalan kotoran

      Hapus
  40. Mohon info dunk

    Saya baru adop kucing persia umur 4 bulan 1 mingguan ini,udah 1 minggu lebih ini dia diare,,,saya pikir salah makan,awalny saya kasih uereka,trus saya ganti proplan,,tp ga sembuh jg,,,saya jg udah cb pake obat diare u/ org (entrostop dan diapet) tp kok ga sembih jg,,,trus temen saya rekomendasiin obat u/ kucing (guanistrep) tp ga sembuh jg,,,dan makanny jg masih lahap

    Mohon solusiny dunk,,,saya sedih liat my momot sakit :(
    Makasih

    BalasHapus
  41. Mohon info dunk

    Saya baru adop kucing persia umur 4 bulan 1 mingguan ini,udah 1 minggu lebih ini dia diare,,,saya pikir salah makan,awalny saya kasih uereka,trus saya ganti proplan,,tp ga sembuh jg,,,saya jg udah cb pake obat diare u/ org (entrostop dan diapet) tp kok ga sembih jg,,,trus temen saya rekomendasiin obat u/ kucing (guanistrep) tp ga sembuh jg,,,dan makanny jg masih lahap

    Mohon solusiny dunk,,,saya sedih liat my momot sakit :(
    Makasih

    BalasHapus
  42. Mohon info dunk

    Saya baru adop kucing persia umur 4 bulan 1 mingguan ini,udah 1 minggu lebih ini dia diare,,,saya pikir salah makan,awalny saya kasih uereka,trus saya ganti proplan,,tp ga sembuh jg,,,saya jg udah cb pake obat diare u/ org (entrostop dan diapet) tp kok ga sembih jg,,,trus temen saya rekomendasiin obat u/ kucing (guanistrep) tp ga sembuh jg,,,dan makanny jg masih lahap

    Mohon solusiny dunk,,,saya sedih liat my momot sakit :(
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. diarenya seperti apa ? berair atw pupnya lembek ?

      Hapus
    2. Pupnya lembek mas,,,dan udah 1 mingguan ini lembekny,,,ganti pakan udah,,,obat jg udah tp ga smbuh2,,, :(

      Oiya temen saya ada yg nyarain u/ dipuasain kucingny,,,

      Mohon bantuan u/ saran dan solusiny lg ya,,,makasih

      Hapus
  43. Sis/gan, kucingku tadi ak coba kasih susu. Susunya frisian flag. Ak gatau kalo ga boleh minum susu. Terus sekita 4-5jam gt dia pup. Pup nya itu mencret, tp cuma sekali. Itu gapapa ya? Mohon sarannya :( cemasss

    BalasHapus
  44. Sis/gan mau tanya. Kucingku diare udah 2 hari. Makannya banyak sih tapi pupnya encer terus. Kayanya diarenya krn ganti makanan. Sbaiknya dikasih apa ya? Kalo dikasih lactobe boleh tdk? Terus dosisnya berapa? Mohon sarannya yaaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya makannanya diganti ke yang lama, jgn diberi obat karena penyebabnya buka virus.\/bakteri tp karena makanan yg tidak cocok

      Hapus
  45. Pas seminggu yang lalu saya adopsi anak kucing yg datang kerumah. Waktu datang sangat lincah dan montok. Tapi memang pup nya cair. Makin kesini kok makin parah, badannya kurus tinggal tulang dan kulit, lemes dan gak lincah lagi, sedih liatnya...harus dikasih apa ya. Pertama saya kasih whiskas kiloan beli di petshop, tapi lama2 gak doyan, ganti pakai whiskas krim ikan saset for kitten atau sarden, doyan banget. Tapi kok tetep kurus dan lemes...harus gimana dooong ??? Help me n my chemonk please......

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera dibawa kedokter utk dilakukan check up

      Hapus
  46. Kucing saya umur 6 bulan , dia sempet hilang 2hari trus ditemukan.kucing saya ditemukan sudah sakit diare dan perutnya kurus banget apalagi dia udh gak semangat diem mulu . kotorannya mencret hingga mengenai bagian belakang (kaki dan pantatnya) saya sudah kasih obat oralit dan tempe goreng . sekarang sih udah baikan udh mulai gerak trus gak terlalu kurus tapi masih mencret kotorannya , gmna ya cara paling efektif biar kucing saya cepet sembuh ? maaf kucing saya kucing kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar gemuk diberi kuning telur 2 kali seminggu, sma pemberian makanan jangan diubah2 mereknya. Jangan diberikan susu utk manusia

      Hapus
    2. Mas kuning telurnya itu diapain?
      digoreng atw gmna ya?

      Hapus
  47. mas mas mau nanya dong. ak pnya kucing dikasih sama org. katanya umurnya wktu bulan januari umurnya 5 bulan. sekarang 6bulanan. kucingku sebelumnya kan tiap pup padet sihh tp ada darah kentelnya. kadang ga ada darah kentelnya.. mana kutuan juga. ga masalah sih kaalo masalah kutu. lha paniknya hri ini kucingku pup nya agak lembek dan ga ada darahnya... lemes aja, bagian bawah matanya aja putih. aku cekokin pake perasan kunir tapi kok lemes. gitu itu gimana yaa??gak papaa kan??menurutnya mas aku harus gimana??mana lagi bokek.. hikss hikss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa karena perubahan cuaca yaa.. padahal makannya juga ada masalah. cuma denger2 dr nenekku kalo kucingku abis minum air buat cuci piring.. apa karena itu yaa??
      hiksss hikss.. kasih sarannya ya. aku menunggu :( help me. please...

      Hapus
    2. itu sepertinya gejala cacingan mbak, ceat diberi obat cacing drontal

      Hapus
    3. Mass.. ak kakaknya laksita. Hadeh mass kucingku yg kapan hri ak coba kasih perasan kunyit ama kasih makan tempe uda mendingan. Ee tp makanannya kganti friskies kitten padahal sebelumnya pake makanan meo kitten. Ee brusan diare lg ketambahan darahnya lumayan agak bnyk. Bs kasih sarannya?penanganan yg bs ku lakuin gimana ya? Mana masih sekolah belom mampu ngpriksain.. apa itu masih ada sangkut pautnya ma cacingan?kalo iya obat cacingnya nama nya apa? Belinya bs eg kalo di tempat org jualan pakan2 biasanya?? Ku eg tau soalnya petshop dket rumahku dimana aja

      Hapus
    4. Sebelumnya makasi banyak ya mas atas informasinya :( Mohon sarannya ya mas.. cemas banget sama kucingku, kuatir kenapa2

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. salam kenal, saya beruntung punya kucing "domestik" atau kucing kampung yang sampe sekarang mereka udah generasi ke-10 n jarang sakit ..sekedar share, bagi yang puss-nya lagi mencret atau cacingan, coba dicekokin pake perasan lembayung ..n untuk perawatan biar sehat, coba saben hari di bersihin kotoran mata-nya biar gak "rembes" n setiap kali pup coba dicebokin tu anus si puss pake tisu basah n bekas tempat pup-nya harus steril (kalo perlu saben pup dipel pake wipol) n saben malam diberi tempat bobo yang hangat n sering2 diajak maen biar badannya fit ..logikanya, jika kebersihan lingkungan dijaga n kebersihan si puss juga dijaga maka daya tahan tubuh si puss akan kuat ..soal makanan sebenarnya si puss gak rewel2 amat, logikanya perut mereka lebih kuat dari perut manusia ..sekiranya begitu share saya, salam

    BalasHapus
  50. Mas kucing persiaku usianya 3bulanan .seminggu ini pupnya berair(mencret trus) gak mau minum air .tp kalo susu kaleng mau. Dan udah 3hari ini lemes bgt. Diskitaran vitalnya luka sehingga slalu dijilat dan basah.

    BalasHapus
  51. Mas sy beli kucing seminggu yg lalu, baru 2,5 bulan umurnya,,3 hari sebelumnya pupnya normal,,terus ini udah 3 hari mencret terus pup nya cair n tadi muntah n ada cacinya...gimana ya??? Tp emang merk makananya beda sama yg pas beli dr majikannya...ini rencana besok mau beli merk makan yg sama ama majikan sblmnya dan beli obat cacing...

    btw ada kontak yg bisa dihubungi nggak mas????

    BalasHapus
  52. Hi mas. aku baru adopsi orphaned kitten kira2 usia 2-3 minggu (matanya masih biru udah bisa merangkak, kupingnya baru tegak sedikit) selama 4 hri ini krna gak ada pet shop aku kasih minum sgm soya kira2 2 cc tiap 2 jam (untuk mlm gitu terakhir kasih jam 12 mlm kasih lagi besok pagi jam 6) si kitten pipis tiap abis minum susu (dgn stimulasi anogenital) tpi gak poop.. hari kelima susunyadignti jadi merk"drowssy" yang ternyata ada lactosenya 18 % takaran dan frekuensi mkn yg sama blm poop juga tpi tetep pipis.. hari ke enam lanjut si drowsy si kitten poop wrna kuning lembek kyk poop bayi bru lahir.. si kitten aku tinggal tidur siang.. sorenya aku cek si kitten , ehh poop ada di badannya... kainnya pas dicek banyak poop gitu lembek wrna kuning gak ada bentuknya tpi ada 1 poop bntuknya panjang wrna coklat diselaputi poop yg lembek wrna kuning itu... aku kaget dok soalnya poopnya bnyak..
    itu poop si kitten yg normalkah?
    Curiganya diare ni mass... apa tetep kasih si drowssy atau gnti sgm soya?
    Tkut knpa2 si kitten krna gak ada drh disini.. aku lgi tugas dei kampung gitu,.,
    Mohon direply ya mas butuh bgt...
    Thanks...

    BalasHapus
  53. kucing sy umur 4bln...2 hri ini dia diare badannya lemes ngntuk trus n cenderung ga mau disentuh/takut disentuh orang,,,3 hari yg lalu dia baru vaksin prtmannya...apakah gr2 vaksin itu yg bkin ususnya ga kuat n langsung diare???gimana cara bikin dia kayak semua lagi,,biasanya ceria tiap hari n doyan makan,,,,,mohon d reply ya gan...plisssss


    thank you

    BalasHapus
  54. kucingku sakit,diare,flu jg susah makan smua tips udah dicoba namun susah buat makan,harus bagaimana menanganinya krn didaerah saya susah menemukan dokter hewan.
    tolong solusinya.
    mksh

    BalasHapus
  55. Kucing aq baru 1 bln dah kepisah ma indukny trs aq ksh susu khusus kucing..awalny sie gpa2 kok stlh seminggu jd mencret air gt..trs anusny tu klo kepegang dikit lgsg jerit ksakitan abis tu g mau minum sm se x udah aq ksh obt diare org dewasa tp tetep aj diare..mhn infony dong.mksh

    BalasHapus
  56. Mau nanya dong kucing aku kucing kampung biasa dan dia awalnya muntah kuning gitu sekarang di tambah diare udah seminggu lebih badannya lemes dan gak nafsu makan,obatnya apa ya yang bagus jgn kedokter soalnya mahal hehe yang biasa-biasa saja dan emang kucing kampung gak boleh makan nasi juga? Terus harus makan apa? Tolong bantuanya makasih

    BalasHapus
  57. Mau nanya dong kucing aku kucing kampung biasa dan dia awalnya muntah kuning gitu sekarang di tambah diare udah seminggu lebih badannya lemes dan gak nafsu makan,obatnya apa ya yang bagus jgn kedokter soalnya mahal hehe yang biasa-biasa saja dan emang kucing kampung gak boleh makan nasi juga? Terus harus makan apa? Tolong bantuanya makasih

    BalasHapus
  58. Oh iya mau nanya dong. Kan kucing saya wkt siang abis diksih minyak ikan, ko pas malem kotorannya agak beda dari yg biasanya yah? Jadi agak lembek gitu. Itu kenapa yah? Apa efek dari minyak ikan atau apa? Tolong bantuannya yah. Terima kasih :)

    BalasHapus
  59. Mas kucing saya baru 3 bulan nih. Akhir2 ini suka keluar kotoran dari anus nya meskipun dia lagi gak buang air di litter box nya.. contohnya lagi jalan.. bahkan lagi tidur. Kotorannya gak terlalu banyak cuma dikit, tapi saya jadi heran sendiri.. kenapa ya mas ? Kotorannya pun lembek.. mungkin bisa dibilang agak cair. Tolong jawab ya mas yah. Di daerah saya masalahnya gak ada dokter hewan :(

    BalasHapus
  60. gan.. kucing saya usianya masi sekitar tiga hari, gamau nyedot puting susu ibunya, trus tainya warns kuning sendiri sodara yg lainya normal. gimana caranya yaa supaya dia bisa nyusu lagi lincah lagi dan tainya gak mencret kaya gitu... :( . pliss bales saya takut dia seperti saudaranya yg sudah mati karna kasus yg sama

    BalasHapus
  61. ternyata bisa memakai oralit ya ... saat kucing diare

    BalasHapus
  62. kk sorry numpang tanya'a kucing saya kira2 umur 4 bulan makan lahap tapi pas buang air diare udah gituh lemes semenjak saya ga keluarin 1 hari full gimnh tips'a biar jadi lincah lagi.....thank

    BalasHapus
  63. sori mau tanya, aku beli kucing persia udah 2 minggu, usianya 5 bulan. karena ga mau makan aku kasih RC trus dia maka terus. seminggu pertama pupnya padat dan bagus, tp mulai minggu kedua aku nemu mencret di taman rumah aku dan ternyata itu dia. tp sekali2 dia tetep pup padat di pasirnya. tadi malem pup dia padat, pagi ini dia memcret lg. gak pernah aku kasih makan/minum lain, tp kalo liat sesuatu bawaannya mau dimakan aja sm dia. nafsu makan tetap, badan tambah gendut, lincahnya tetap. gimana ya?

    BalasHapus
  64. Permisi, kucingku udh 4 hari ini kena diare + muntah, umurnya sekitar 7 bulanan lebih, aku gtw penyebabnya apa soalnya mkanannya ga pernah ganti tetep universal trs juga aku ga pernah kasih susu, ditunggu blsannya yaa... Sblmny mksh :)

    BalasHapus
  65. susu manusia yang tidak mengandung laktosa bisa dikasih ke kucing gak??
    dan saat diare, mata kucingnya kok berkantung dan mudah belek'an?
    trims

    BalasHapus
  66. mas aku pny kucing masih umur krglebih seminggu. awalnya dia lincah bgt ngeong2 gitu eh tp tbtb dia lemes trs mencret gitu. nah ganti susu jd sgm kan awalnya dancow. nah ttp jg mencret. dan nda licah juga, jd harus diapain kak?

    BalasHapus
  67. Kucing saya habis melahirkan kok malah mencret gitu ya? Makanannya nggak berubah, susu juga udah lama nggak dikasih. Kira-kira itu kenapa ya? Trims.

    BalasHapus
  68. Mau tanya donk kucing sy lagi hamil sekarang, tapi pup nya mencret gt itu bahaya gak ya? Trs klo dikasih obt mencret bole gak ya..sy biasanya pke obat mencret merk WELL manjur bgt sekali minum lngsung mampet..dan klo buat kucing lg hamil bole gak dikasih obt mencret

    BalasHapus
  69. Mau tanya donk kucing sy lagi hamil sekarang, tapi pup nya mencret gt itu bahaya gak ya? Trs klo dikasih obt mencret bole gak ya..sy biasanya pke obat mencret merk WELL manjur bgt sekali minum lngsung mampet..dan klo buat kucing lg hamil bole gak dikasih obt mencret

    BalasHapus
  70. Mas, kucingku udah beberapa hari ini mencret, terus dia tidur terus mas, nafsu makannya juga kurang, saya mau kasih obat manusia tapi takut mati, gimana dong mas?

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. mau tanya donk, semalam kucing saya diare kasihan jadi lemes gto
    klo dari makanan n susunya saya rasa g ad masalah coz sebelumnya biasa2 aj.
    tapi apa mungkin kucing saya diare karna makan serangga "anak laba-laba"??
    coz saya sempat lihat si kucing makan serangga itu...
    thanks...

    BalasHapus
  73. mas tanya dong... kuning telurnya mentah apa direbus/ digoreng?
    trus oralitnya yang oralit dari apotek apa oralit bikinan sendiri (air+garam+gula)?
    thanks sebelumnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuning telur mentah dicampur madu..coba dikasih ke kucingnya...kalo gamau..coba disuapi pake pipet..

      Hapus
  74. Gan sya pusing ni,, sya syg bngt sama kucing..
    Sya bru adop kucing umuran kurang dri setaun kaya'ny..

    Kucing'ny kucing biasa sii.. Kucing'ny cepirit gan.. Jdi dy tu gak pup dg sngaja, tpi pup'ny ya gtuu kluar sndiri..

    Hrus gmna ni..? Apa diksih diapet aja x ya..??

    Msalah mkanan emg sya ksih nasi gan.. Nasi sma ikan,, nasi sma ati.
    Krna kucing sya yg dlu aja yg blasteran persia dy q kasih nasi ma ikan gpp,, sehat2 aja n aktiv bgt,,, susu'ny susu biasa (frasianflag). Malah kucing yg dlu mkanan'ny apa aja dimakan,, kaya roti, alpukat keju coklat dll.. Tpi sehat n aktiv bgt gan.

    Saran donk gan...!! Kasian sya gan ma kucing'ny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan pernah dikasih nasi lagi bu..kucing anti dengan nasi karena didalam tubuh kucing tidak dapat mencerna glukosa..lebih baik dikasih makanan yang kelas super premium ataupun holistics. Coba dikasih wet food merk i/d yg untuk diare..sekitar 35ribuan..bisa di mix dengan dry food..coba diliat beberapa hari..ada perkembangan atau tidak

      Hapus
  75. OK gan...sy mw tny nich.. sy pny kucing persia umur 9 bln..bbrp hr yg lalu kucing sy muntah + diare... stlh it sy puasakan spt saran agan diatas...muntah + diare hilang...lalu sy beri mkn dry food lg... kucing sy malah sembelit lg 2 hr gk pup... hr ini kucing sy kmbli diare gan...tolong solusix gan..

    BalasHapus
  76. Please help. Kucingku kemaren lahiran anaknya 5 tapi mati 4 krn kejepit2. Kebetulan aku ga ada dirumah. Hiks ;-( gak tau kenapa tapi kayaknya kok dia mencret pupnya itu air bener2 encer. Apa emang itu gejala2 habis melahirkan? Please help.... aku takut dia kenapa2. She's my one and only...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing aku persia himalayan 2 tahunan. Tolong gimana....

      Hapus
  77. kakak, sory saya mau nanya saya punya kucing tapi di bulu kucing nya ada kotoran menggumpal itu apa kak ya

    BalasHapus
  78. emang nya kalo kucing persia mencret, bisa dikasih tempe direbus sambil di campur kaldu ayam yah

    BalasHapus
  79. gan nanya dong saya punya kucing persia umur satu tahun baru beli di pasar hewan malum arna belinya di pasar ga di petshop makanya langsung aku vaksin ke dokter kata dokternya sikucing tadi kena gejala sakit kulit jadi dikasih suntikan ivomec katanya salah satu eveksampingnya si kucing bakalan diare dan itu emang kejadian menurut resep yang diberikan doter si kucing diobatin saja dengan diatabs tablet atau entrostop tablet atau new deaform tablet 3x sehari dengan dosis sekali minumnya 1/8 tablet. nah masalahnya aku bingung banget nih gimana cara dulangin ke kucingnya, alo pae spite yang gak ada jarumnya teorinya sih mudah tapi ternyata gagal terus nih gimana yah tehninya biar si ucing mau nurut minum obat pls di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake suntikan yang size paling kecil nggak pake jarumnya lho.. Itu obat yg udah 1/8 dilarutkan sama air 2 tetes cukup aja biar larur.. trus tembakin den ke mulut kucing :) gampang kok

      Hapus
  80. makanya kalau punya kucing jangan diajari jahat, pasti kucing-kucing kalian itu kucing garong makanya pada mencret. gorok ae masak rica-rica.

    BalasHapus
  81. Gan mau tanya. Kkucing sy umur 3 bulan suaranya serak dan trkadang suaramya ilang. Kira2 do batin apa ya? Trims

    BalasHapus
  82. Gmn ni gan.. aq br adop kitten ni.. tp pas sampe rmh 1 hri uda diare kykny pup ny agak basah.. trus mwny tidur di lantai keramik mulu... panik ni aq saran ny gmn...
    Klw mw ksh susu aq bingung.. aq sgm royall tp tkt ngasihny.. gmn ni mkn ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kucingku mencret tak kasi norit, kitten 1 biji kalo dewasa 2 biji ..cepet sembuh kog, hanya agak susah ngasiknya kalo gak ada alat penjepit obat..dijual di dokter/petshop 50rb an

      Hapus