This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Senin, 21 Mei 2012

Bahaya Kucing Tidak Mau Makan

Manusia dan hewan umumnya dapat bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makanan. Kebutuhan energi untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh biasanya didapat dengan cara membakar cadangan lemak tubuh.

Berbeda dengan kucing
, proses pemecahan lemak menjadi energi pada tubuh kucing sangat tidak efisien. Secara alami bila kucing tidak makan selama 1 hari atau lebih akan terjadi penumpukan berbagai sisa reaksi tubuh akibat pembakaran lemak yang tidak efisien.

Berbagai sisa reaksi pemecahan lemak pada tubuh kucing menyebabkan kerusakan hati yang biasanya disebut hepatik lipidosis. Hepatik lipidosis adalah berubahnya jaringan organ hati menjadi sebuah jaringan baru yang menyerupai jaringan lemak. Akibatnya, hati tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan akhirnya dapat meningkatkan resiko atau menyebabkan kematian kucing.

Proses hepatik lipidosis ini bahkan sudah mulai terjadi satu hari setelah kucing tidak mendapatkan kebutuhan kalori harian dari makanan. Proses kerusakan hati bisa dihentikan dan jaringan hati yang sudah menjadi jaringan lemak dapat kembali normal bila kucing mendapatkan jumlah kalori dan nutrisi yang cukup dari makanan.

Jadi jangan sampai kucing kesayangan anda seharian tidak makan apalagi ditambah dengan gejala gejala penyakit seperti demam , mencret, flu , muntah dll . Segera ganti makanan atau berikan makanan lain yang lebih merangsang nafsu makan. Bila masih belum mau makan juga, suapi dan segera konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.Jangan sampai terlambat... 

http://aboutkucing.blogspot.com/
TRIBUTTE TO UCIL , my lovely cat
dob 13-03-2012 ------------ rip 19-03-2012



Solusi dari pengalaman agan di indowebster (ane ambil dari http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=129469) 


Sebelum ngasi tipsnya Ane kasih tau dulu ciri2 kucing sekarat gara2 keracunan. Apakah kucing agan2 sekalian mengalami hal yang sama dengan yang ane alamin??

1. Waktu itu kucing ane muntah2, muntah nya warna kuning. uhm kuning agak orange2 gt lah.

2. Waktu muntah2 sih tu kucing gak kenapa2, masi lincah tapi gag mau makan, trus "ngeong-ngeong" mulu.
3. 10 menit kemudian tu kucing mulai deh lemes. Lemes nya udah gag bisa ngapa2in. Sampe kasian banged ngeliatnya.
4. Ane bawa ke vet. Kata dokternya dia demam tinggi gt.Trus cuma dikasi obat demam (kaya pil gt lah). Trus kata dokter disuruh dikasih susu cap beruang.
5. Setelah semua nasehat vet ane ikutin, besoknya tu kucing keluar busa sedikit di mulutnya.
6. Ane liat tu kucing muntah2 lagi, dan pup nya cair warna kemerahan dan bau banged. ya udah ane bawa lagi ke vet.
7. Nyampe di vet, dia udah sekarat keabisan cairan. Padahal tu kucing biasanya lincah banged. Disana tu kucing di infus, tapi ternyata badannya udah membiru, dan jarum infus udh gag bisa masuk ke nadinya. Dokter udah menyatakan dia bakalan mati. Karena badannya dingin banged, kakinya kaku.



Akhirnyaa...(tipsnya)

1. Siapkan tempat yang nyaman untuk kucing. Simpan lampu belajar deket tempat tidur si kucing dan gunakanlah bohlam 25 watt untuk menghangatkan tubuh kucing.
2.beli air kelapa muda, yang masih seger (bener2 air kelapa asli). Karena setau ane, air kelapa bisa menetralisir racun.
3. beli suntikan kecil (tanpa jarum) untuk masukin air kelapa ke mulut kucing.
(sampe sini, si kucing ngerespon dengan menjilat2 air yang udah masuk ke mulutnya. meskipun dalam keadaan gag sadar)
3. pas pertama kali dikasi air kelapa, tu kucing langsung kejang sedikit (mungkin ini efek dari racunnya yang ketemu air kelapa)
4. ane kasih terus air kelapa..terus dan terus. setelah dirasa cukup, ane diemin tu kucing, supaya istirahat.
5. setiap 10 menit sekali usahain ada asupan air kelapa ke mulut si kucing. paling tidak 3 suntikan air kelapa.

Efeknya...
  •   Badan kucing mulai pulih, berangsur2 meng-hangat.
  •   kucing mengeluarkan air seni sedikit demi sedikit yang bau nya kaya daun.
  •   Puncak reaksi kucing mengeluarkan racun adalah dia akan muntah (kenceng banged  suaranya). muntah nya itu berupa air bening cuman agak2 bau.
  •   Tapi jangan berhenti ngasi air kelapa nya. terus dikasih meskipun dia udah muntah.
  •   Badannya pulih dan kulitnya berwarna merah lagi (tidak pucat).
  •   Besoknya baru berenti kasi air kelapa dan diganti air biasa (karna kucing belum mau makan, usahain kasi terus air minum atau susu beruang (setiap 10 menit sekali/secukupnya)


source :http://www.kucing.biz/_kucing.php?_i=5-memberi-makan-kucing#Bahaya_Kucing_Tidak_Mau_Makan

Senin, 14 Mei 2012

Manfaat Telur bagi Kucing

Kuning telur (egg yolk) merupakan bagian telur yang akan berkembang menjadi embrio. Kuning telur dikelilingi oleh putih telur, letaknya selalu berada di tengah. Kuning telur merupakan sumber vitamin dan mineral, serta mengandung lemak, kolesterol, dan protein.


Warna kuning telur dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi ayam. Pakan ayam yang mengandung jagung akan menghasilkan warna yang lebih kuning. Warna kuning telur juga dipengaruhi oleh banyaknya pigmen karotenoid yang berhubungan dengan vitamin A. Semakin kuning warnanya, semakin banyak kandungan vitamin A didalamnya. Sebutir kuning telur mengandung 213 mg kolesterol yang hampir sama dengan 75 gram jeroan hati sapi.

Kuning telur matang lebih baik dikonsumsi dibandingkan mentah, protein yang diserap oleh kuning telur mentah hanya 51% sedangkan pada kuning telur matang 91 %. Selain aman dari bakteri, kuning telur matang lebih banyak protein yang diserap tubuh.
Kandungan vitamin, mineral, protein, dan lemak yang dikandung dalam sebutir kuning telur baik dikonsumsi oleh kucing. Asalkan tidak memberikan bagian putih telurnya. Pemberian putih telur justru akan membuat kucing menderita kekurangan gizi. Karena pada putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi vitamin B biotin. Padahal vitamin tersebut sangat penting untuk proses dalam tubuh kucing.

Manfaat kuning telur bagi kucing yang mengkonsumsi secara teratur adalah :
  • Memperindah bulu
  • Mencegah bulu rontok
  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Mempercepat proses penyembuhan
  • Meningkatkan berat badan kucing
berikan maksimal dua sampai tiga butir telur perminggu. Supaya gizinya tetap terjaga dan tidak overweight



sumber : http://kucing.web.id/mafaat-telur/, http://kucingkuimut.blogspot.com/2011/03/manfaat-kuning-telur-untuk-kucing.html

Sabtu, 12 Mei 2012

Tanda dan ciri ciri kucing hamil

Gimana caranya kita tau klo kucing kita hamil ??? Yang pasti pertama tama kita harus tw syarat syarat kucing kita bisa hamil 
  1. Kucing kita betina ( yaiyalah masa cowok gemulai)
  2. Umur kucing diatas 8 bulan ( klo dibawah 8 bulan namax "kecelakaan")
  3. dan yang paling penting Kucing kta sudah dikawinin ma kucing jantan
 Setelah selesai kawin ada baiknya kita mencatat tanggal kawinnya, supaya kita bisa memprediksi kelahirannya . Cara memprediksinya bisa menggunakan kalkulator prediksi kelahiran di : kalkulator kehamilan . rata rata kucing mempunyai lama waktu kehamilan selama 65 Hari

Untuk memastikan apakah kucing kita hamil atau tidak, ada ciri ciri yang bisa lihat. Kucing yang bunting dapat mengalami perubahan fisik dan tingkah laku.

PERUBAHAN FISIK
aboutkucing.blogspot.com
aboutkucing.blogspot.com / kucing hamil

  • Bagian perut mulai membesar : Perut Kucing yang hamil mulai terlihat membesar pada umur kehamilan 5 minggu. Bagian perut ini akan terus membesar hingga mendekati saat melahirkan.
  • Puting susu memerah dan membesar (pink) : Salah satu tanda yang cukup signifikan adalah berubahnya puting susu. Pada kucing hamil, puting susu sedikit membengkak dan warnanya berubah kemerahan (pink)
  • Keluar susu : Air susu mulai diproduksi dan bisa dikeluarkan sekitar 3-2 minggu akhir masa kehamilan. Jadi bila puting susu dipencet dengan lembut dan terlihat ada cairan susu, kelahiran akan terjadi sekitar 2-3 minggu lagi.
  • Bulu sekitar puting susu menipis : terjadi secara alami, supaya nanti memudahkan si jabang kucing buat nyusu induknya 
PERUBAHAN TINGKAH LAKU


  • Muntah-muntah : Pada beberapa kejadian (jarang) kucing hamil juga muntah-muntah, seperti manusia pada awal kehamilan. Segera hubungi dan konsultasikan hal ini dengan dokter hewan
  • Berhentinya siklus birahi secara tiba-tiba : Siklus birahi (siklus estrus) kucing tergantung berbagai hal, salah satunya adalah musim. Di Indonesia yang merupakan negara tropis, siklus estrus kucing tidak banyak dipengaruhi oleh musim. Rata-rata panjang satu siklus estrus kucing sekitar 1-1.2 bulan. Waktu birahi (estrus) berlangsung sekitar 7 hari. Bila setelah dikawinkan, birahi kucing berhenti secara tiba-tiba dan tidak minta kawin lagi, kemungkinan besar kehamilan terjadi. 
  • Peningkatan nafsu makan : Kucing yang hamil memperlihatkan peningkatan nafsu makan. Tentunya peningkatan nafsu makan ini bertujuan memberikan nutrisi yang cukup bagi perkembangan ibu dan janinnya
  • aboutkucing.blogspot.com
  • Lebih lembut & mencari perhatian : Sebagian kucing yang hamil mengalami perubahan tingkah laku seperti lebih tenang dan lembut. Selain itu mereka juga berusaha mencari perhatian lebih terhadap pemiliknya. Pada akhir masa kehamilan terlihat beberapa tingkah laku seperti gelisah dan lebih suka berada di tempat hangat dan tertutup

MEMASTIKAN KEHAMILAN KUCING


Dokter hewan dapat membantu memastikan kebuntingan kucing. Orang yang berpengalaman dapat memastikan kebuntingan dengan palpasi (perabaan) pada umur kebuntingan  3-4 minggu.

Alat alat seperti USG (ultrasonografi) dan Rontgen (X ray) dapat dipergunakan untuk memastikan kehamilan. USG dapat memastikan kehamilan setelah kandungan berumur minimal mingfu. Detak jantung janin kucing baru bisa dideteksi setelaah berumur 3 minggu


source : http://bombomcathouse.blogspot.com/2012/05/ciri-ciri-kucing-bunting.html

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing



Memelihara kucing akan membantu seseorang untuk lebih sehat secara mental. Akan sangat sedih jika melihat kucing kesayangan sakit. Agar dia tidak sakit, hindari makanan-makanan berikut ini. 

Susu 
Secara alamiah, susu bukanlah makanan kucing. Selain itu kucing tak mempu mencerna laktosa. Jika dipaksakan bisa menyebabkan diare. Untuk anak kucing, susu biasanya bisa didapatkan langsung dari induknya. Jika ingin memberikan susu ke kucing kita, gunakanlah susu khusus kucing atau susu non laktosa

Nasi
kucing juga tak boleh memakan nasi. Saluran pencernaan kucing itu sulit untuk mencerna karbohidrat. Nasi memang bisa menjadi sumber energi, tapi tidak perlu terlalu banyak.Karena  grains tidak dapat dicerna oleh lambung kucing dan akan membuat organ dalamnya harus bekerja lebih berat sehingga mempercepat radang usus, gagal ginjal, dan sakit pencernaan lainnyaPerbaiki dengan memberikan daging dan ikan yang kaya protein, terutama bagi kucing yang masih muda. Apabila ingin memberikan tulang, pastikan kita sudah mencincangnya hingga halus sebelum diberikan kepada kucing  


Cokelat

Cokelat bisa menstimulasi sistem saraf dan jantung semua spesies binatang. Efek yang ditimbulkan adalah muntah-muntah, kehausan, gelisah, peningkatan atau detak jantung tidak beraturan, demam, hingga kejang.


Anggur dan kismis

Anggur bisa merusak ginjal aucing. Gejalanya antara lain, rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, lesu,dan muntah-muntah.

Bawang

Bawang putih dan bawang merah bisa merusak sel darah merah anjing dan kucing, sekaligus menyebabkan anemia. Ia akan menimbulkan gejala muntah-muntah, urin berwarna kemerahan, lesu, dan anemia.

Xylitol

Zat xylitol banyak digunakan pada permen karet. Zat ini berbahaya bagi anjing karena bisa meningkatkan sekresi insulin, yang mengakibatkan penurunan tingkat gula darah. Anjing akan muntah-muntah, lesu, kehilangan koordinasi, kejang, diare, dan menujukkan gejala penyakit kuning.

Minuman beralkohol

Semua binatang akan terpengaruh jika minum minuman beralkohol, karena minuman ini akan mempengaruhi sistem sarafnya. Disorientasi, muntah-muntah, diare, lesu, kehilangan koordinasi fungsi tubuh, sulit bernapas, kejang, hingga koma adalah hasilnya jika mereka menelan minuman beralkohol.

Adonan roti mentah

Adonan roti mentah akan menimbulkan gas di dalam perut, yang bisa menimbulkan keracunan alkohol. Gejala yang ditimbulkan antara lain; muntah-muntah, disorientasi, diare, lesu, sulit bernapas, dan sebagainya.

Alpukat

Alpukat mengandung persin, yang bisa merusak otot jantung binatang. Kemungkinan yang terjadi adalah muntah-muntah, diare, lesu, dan kesulitan bernapas.


Tomat Hijau
Tomat hijau mengandung alkaloid yang pahit dan beracun bernama Glycoalkaloid Solanine. Senyawa ini bisa menimbulkan gejala gastrointestinal bawah (penyakit pencernaan). Daun dan batangnya adalah bagian yang paling berbahaya. (Sekedar catatan, tomat dalam makanan kucing tidak berbahaya karena sudah matang dan kadarnya relatif kecil).

Anggur & Kismis
Kasus keracunan bahan makanan ini memang sebagian besar ditemukan pada anjing. Tapi kelompok ASPCA (Animal Poison Control Center) menyarankan untuk tidak memberikan anggur atau kismis pada hewan peliharaan apa pun, seberapa pun jumlahnya.
Kafein
Semua produk yang mengandung kafein, beracun bagi kucing. Kafein akan merangsang sistem saraf dan menimbulkan gemetar serta muntah atau diare.


sumber : http://id.omg.yahoo.com/news/makanan-ini-berbahaya-untuk-kucing-223000913.html, http://devilovekucing.blogspot.com/2012/02/makanan-yang-berbahaya-untuk-kucing.html, http://www.minangforum.com/Thread-Jangan-Biarkan-Kucing-Konsumsi-Nasi-dan-Susu

Rabu, 09 Mei 2012

Penyakit Ginjal pada Kucing

Penyakit ginjal kucing sangat umum terjadi pada kucing yang lebih tua tetapi dapat berkembang pada kucing muda.Kucing yang mengembangkan penyakit ginjal tidak mulai menunjukkan gejala sampai mereka telah kehilangan sekitar 65-70% dari nefron dalam ginjal mereka. Nefron adalah saluran berbentuk tabung yang menyaring dan menyerap cairan di dalam ginjal. Gagal ginjal kucing akan menghasilkan jika lebih dari 75% dari nefron hilang. 
www.aboutkucing.blogspot.com
Penyebab penyakit ginjal bermacam macam , antara lain pemberian air minum yang kurang. kucing membutuhkan makanan dengan kadar air yang tinggi. Di alam, kucing memangsa binatang yang didalam tubuhnya 70% terdiri dari air. Oleh sebab itu kucing yang makan makanan alami akan kurang kebutuhannya akan minum. Kucing yang diberi makan dry food (kibles) dan kurang diimbangi dengan minum air yang banyak akan membuat kerja ginjal menjadi berlebih. Masalah yang sering timbul kemudian adalah urinary tract disorder atau yang sering dikenal dengan istilah kencing batu, yaitu dengan gejala kucing sulit kencing, kencing berdarah, kencing diluar litter box, kucing sering menjilati area genitalnya karena merasa sakit/tidak nyaman
 
Berikut adalah cara untuk mengidentifikasi gejala penyakit ginjal kucing dan mendapatkan pengobatan. 

Apa saja gejala umum dari penyakit ginjal kucing?
Gejala-gejala penyakit ginjal kucing yang paling umum adalah:
  • Peningkatan haus.
  • Perubahan dalam kebiasaan kandung kemih (buang air kecil meningkat, buang air kecil di tempat-tempat aneh, mengedan saat buang air kecil, dan / atau darah dalam urin).
  • Tersedak dan / atau muntah (baik cairan jernih / berbusa dan makanan).
  • Gejala lain dari penyakit ini kucing meliputi:
  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan.
  • Depresi dan kelesuan.
  • Bau mulut (bau seperti amonia).
  • Oral borok.
  • Lembut-untuk-perut sentuh.
  • Kusam atau sakit-terus mantel.
Bagaimana penyakit ginjal kucing didiagnosis?
Menggunakan tes darah dan urine untuk mendapatkan diagnosis penyakit kucing yang akurat sangat penting sebagai gejala penyakit ginjal mirip dengan penyakit lain di kucing. Ini sebabnya jika Anda memiliki kucing sakit, Anda harus membawanya ke dokter hewan agar dokter dapat mendiagnosa masalah kesehatan apapun kucing. Darah akan dianalisis untuk menentukan tingkat beberapa komponen penting seperti nitrogen urea darah (BUN) dan kreatinin. Sebuah jumlah sel darah merah juga akan dilakukan. Urine akan diuji untuk bakteri dan darah serta pengujian tingkat protein dan konsentrasi. 

PERTOLONGAN PERTAMA SEGERA PERIKSAKAN KUCING ANDA KE DOKTER..!

Bagaimana penyakit ginjal kucing diobati?
Perangsang nafsu makan: Kebanyakan kucing dengan penyakit ginjal memiliki selera buruk. Daging bayi makanan manusia, jus ikan tuna, jus dari paket makanan kucing premium, atau bujukan lain yang serupa dapat ditambahkan untuk membantu rasa makanan ditentukan dan merangsang nafsu makan kucing. Dalam kasus ekstrim,penggantian pakan mungkin diperlukan. Namun, ini hanya harus dilakukan oleh dokter hewan.

Perhatian yang Anda berikan padanya, semakin cepat Anda akan melihat ketika ada sesuatu yang salah dan mudah-mudahan cepat bisa diobati.Karena tidak sedikit cerita si mpuss yang meninggalkan empunya selamanya karena penyakit ini

source : http://peliharakucing.tumblr.com/ == http://pengolah.info/1408-penyakit-ginjal-kucing-gejala-dan-pengobatan.htm

Minggu, 06 Mei 2012

Jamur Ringworm penyebab dan pengobatannya

Jamur emang penyakit paling mengesalkan yang sering diderita kucing . Terutama kitten yang notabene daya tahan tubuhnya masih rendah sehingga gampang tertular . Ane sendiri pernah ngerasai jamur jamur ini.

Sebelumnya kita kenalan dulu ama ringworm , tak kenal maka tak sayang ( sapa juga yg sayang jamur ) Ringworm disebabkan oleh jamur yang hidup di kulit dan bulu. Ada beberapa spesies jamur yang hidup di kulit dan bulu, salah satu spesies yang cukup bandel dan sering menyerang kucing & anjing adalah Microsporum canis.

Tanda-tanda hewan terserang ringworm adalah bulu rontok dan patah-patah, kadang disertai sisa-sisa kulit kering yang menyerupai ketombe. Kulit kering yang mengelupas kadang menyerupai sisik. Daerah kerontokan bulu biasanya berbentuk lingkaran (circular). Kadang kadang hewan yang terserang hanya mengalami sedikit kerontokan/bulu patah dibagian wajah dan telinga. Biasanya puncak kerontokan pada kucing terlihat dalam waktu 5 minggu sejak kontak dengan M. canis.

Beberapa hewan (terutama kucing) dapat terinfeksi dan menjadi carrier, menularkan jamur pada hewan lain. Pada kucing berbulu pendek dan mempunyai kekebalan tubuh yang baik, Ringworm dapat sembuh sendiri dalam waktu 4-6 bulan. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat terinfeksi tetapi sama sekali tidak menunjukan gejala tertular. Tetapi tidak ada jaminan kucing ini tidak menjadi carrier.
Ringworm menyebar melalui kontak dengan bulu atau ketombe yang terinfeksi dan mengandung spora. Spora jamur terdapat tersebar dimana-mana seperti di lantai, bulu yang rontok, kandang, peralatan makan dan minum kucing, tempat tidur kucing, dll. Hewan yang masih muda dan tua rentan terhadap infeksi jamur ini.
 
Pengobatanya :

Obat Luar

  • Shampo berbahan dasar aktif Ketoconazole
Carilah shampoo khusus kucing yang berbahan dasar ketoconazole 2%. Shampo ini bisa dicari di Petshop atau pun di supermarket. Untuk pemberian shampo bisa digunakan 2x seminggu. Perhatikan saat memandikan kucing, sebab kucing sangat agfersif saat dimandikan.
  •   Belerang 0.5-5 %
Ternyata belerang juga bisa menyembuhkan jamur pada kucing. Caranya bilaslah tubuh kucing dengan belerang 0.5-5%. Saat membilas belerang ke tubuh kucing harus dilakukan dengan sangat hati hati, jangan sampai belerang tersebut masuk ke dalam mata kucing karena sangat berbahaya. Kemudia ratakan belerang tersebut di tubuh kucing dan keringkan. Sehabis dibilas dengan belerang biasanya kucing mengalami penurunan nafsu makan karena bau belerang yang menyengat. Perhatian yang lebih harus diberikan kepada kucing agar ia mau makan.
  •   Salep dan bedak
Penggunaan salep dan bedak lebih mudah daripada shampoo ataupun belerang. Dengan menggunakan salep atau bedak berarti kita bisa memfokuskan pada bagian tubuh yang terkena jamur. Salep atau bedak untuk obat jamur bisa dibeli di petshop. Kekurangan menggunakan salep dan bedak, kucing dengan mudah bisa menjilat salep atau bedak yang diberikan ke badan kucing. Maka saat diberikan bedak atau salep, kucing dipakaikan collar.

  • . Tambahan dari Ane , Minyak VCO ( virgin coconut oil) dan propolis
Cara penggunaannya sama seperti salep , tinggal dioles kebagian yang terinfeksi jamur. Kelebihaannya adalah karena bahannya alami , misal kalo dijilatin kitten atau kucing dewasa ga ada efek sampingnya malah menyehatkan. Pengalaman pribadi ane dari jamur yang sangat berkerak , hilang dalam sekejap tp bulunya juga ilang he, rontok bareng jamurnya. Gpp yang penting jamurnya musnah soal bulu kan bisa tumbuh lagi

Obat Minum

Obat minum harus diberikan kepada kucing berdasarkan petunjuk dokter, sebab kebanyakan obat minum memiliki efek jangka panjang yang kurang baik.

1. Ketoconazole. berguna untuk mematikan jamur. Obat yang mengandung bahan ini mudah ditemukan di apotek dan petshop. Efek samping : mual, muntah, dan hilang nafsu makan.

2. Griseofulvin. Obat ini diberikan hingga 1 bulan-lebih. Efek samping : cacat pada janin kucing, nafsu makan berkurang atau hilang, dan demam.


3. Itraconazole . diberikan bersamaan dengan makanan yang berlemak agar mudah diserap. Efek samping : hilang nafsu makan dan muntah.


Suntik

Suntikan dapat diberikan oleh dokter hewan 

Intinya kembali kepada rutin atau tidaknya pengobatan yang diberikan, coz untuk menyembuhkan sampai mngembalikan kondisi bulu seperti semula bisa memakan waktu hingga berbulan bulan. Untuk pencegahannya sering sering dijemur di panas matahari pagi, karena jamur pada dasarnya berkembang biak di suhu yang lembab. Dan jangan lupa untuk rutin memandikan kucing kucing kita dengan shampo anti jamur. 

Nb : yang diatas hanya saran dan Informasi untuk pengalaman , ane yang pernah pake shampo, belerang n VCO
source : http://www.anjingdankucing.com/news/?read=567 , kucingkita.com

Jumat, 04 Mei 2012

Membuat Raw Food Sendiri

Kucing Kucing peliharaan terkadang perlu kita beri makanan alami mereka , biar gak bosen makan dry food. Raw food juga mengandung gizi yang dibutuhkan oleh kucing kita .Dan yang perlu diingat adalah, kucing adalah obligate carnivore. Yang artinya mereka memerlukan daging hewan lain untuk bertahan hidup. Kucing mendapatkan nutrisi dari daging, organ, dan tulang hewan yang mereka makan.

cara membuatnya :

1 kg ayam
200 gr jantung ayam
100 gr ati
2 kuning telor
400 iu vitamin E
100 mg vit B kompleks
2000 mg fish oil
200 ml air (1 gelas)

1 kg ayam
200 gr ati
150 gr ampla
2 kuning telor
400 iu vitamin E
100 mg vit B kompleks
2000 mg fish oil
200 ml air (1 gelas)

Note: 1 resep ini bisa buat 12 - 14 hari per ekor kucing.


Cara membuatnya :



  • 1. Campur air, telur, dan semua suplemen, kocok sebentar.
  • 2. Masukkan campuran no 1 diatas ke wadah berisi ayam + jeroan yg sudah dicincang. Campur rata.
  • 3. Bagi2 dalam plastik kecil/zip lock untuk sekali makan, masukan ke freezer min 7 hari.
Untuk Biayanya :
  • 2 kg ayam kampung utuh sekitar 70rb
  • Jantung ayam kampung 400gr 5rb
  • Hati ayam kampung 200gr (sekitar 6 bh) 5rb
  • 4 Kuning telur salmonella free 8rb
  • 2 kapsul salmon oil 2000mg (golden bear) 3,6rb
  • 8 tablet Vit E 50 iu khusus utk anjing n kucing 6,6rb
  • 2 tablet vit b complex 50 mg (nutrimax) 6rb
  • Plain yoghurt 2 cup kecil 7 rb
  • Labu kuning/squash 200gr 2 rb.

note: untuk 18 hari

*vit.B bisa pake yang vit.B IPI dan kapsul minyak ikannya kemarin liat di indomaret ada yang merk charmant itu sudah ada vit.E nya. jadi ga perlu beli terpisah.

buat yang mau dikasi mentah-mentah boleh, tapi bekuin dulu di freezer -13 derajat celcius selama 7 hari.

Atau yang masih baru nyoba ( seperi ane ), Bisa pake Daging Ayam dan Jantung Ayam ( bagus buat bulu karena mengandung Taurine) . Masaknya bisa dikukus atau direbus klo belum pede ngasih yg mentah ya :3

 Semoga bermanfaat

Sumber : http://duniakucing.mywapblog.com/raw-food-dan-home-made.xhtml