Selasa, 04 Desember 2012

Kucing tidak mau makan ,pertanda apa itu ??

Banyak faktor yang menyebabkan kucing tidak mau / nafsu makan, dengan mengetahui penyebabnya setidaknya kita bisa melakukan solusi yang tepat namun tentunya pertolongan seorang dokter mutlak dilakukan. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat kucing tidak mau makan,

  • Penyakit
Penyakit yang menyerang sistem pencernaan kucing umumnya menyebabkan kucing menjadi tidak nafsu makan. Mulai dari penyakit mulut dan gigi hingga lambung. Namun tidak menutup kemungkinan terkena penyakit dalam lain seperti flu kucing atau distemper. terkadang nafsu makan yang hilang karena penyakit ini disertai dengan kondisi tubuh yang melemah, lemas dan muntah

  • Stress 
Kucing juga dapat mengalami stress. Ini disebabkan antara lain perubahan suasana misal kandang yang baru , hingga karena beradu dengan kucing lain

  • Makanan
 Makanan yang diganti jenisnya dapat membuat kucing menjadi tidak mau makan. Karena tiap kucing memiliki kecocokan tersendiri untuk makanan yang dikonsumsinya.Untuk itu disarankan jangan terlalu sering mengubah2 makanan kucing

  • Birahi 
Kucing yang sedang dalam masa birahi ada yg berkurang nafsu makannya .Meskipun tidak semua kucing mengalaminya

Solusinya adalah


  1. Campur & ganti makanan
    Seperti layaknya clubon, kucing pun bisa bosan terhadap makanan yang sama setiap hari. Hal ini bisa dicoba diatasi dengan memberikan makanan basah atau makanan kalengan yang memang memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat. Bila kucing mau makan makanan basah tersebut, coba campurkan makanan kering dengan makanan basah. Makanan kalengan (basah) sebaiknya tidak diberikan setiap hari untuk jangka panjang karena selain nutrisinya tidak mencukupi juga dapat mempercepat pembentukan plak atau karang gigi.
  2. Pancing nafsu makan
    Terkadang kucing sedikit malas-malasan bisa dibilang manja kepada sang pemiliknya. Coba sodorkan makanan (piring makanan) ke depan hidungnya atau masukkan sedikit makanan ke dalam mulutnya dan lihat apakah nafsu makannya terbangkitkan. Jika kucing menolak makanannya bisa lanjut ke cara yang ketiga.
  3. Suapi kucing
    Memelihara kucing sama saja mempunyai bayi. Menyuapi kucing bisa dengan tangan, sendok kecil atau lebih mudah menggunakan syringe (spoit/suntikan) tanpa jarum (memang agak kasar). Suapi kucing sambil sesekali sodorkan makanan pada prirng makannya untuk melihat apakah kucing sudah mau makan sendiri. Makanan yang diberikan adalah makanan basah.
    Misalnya :
    * makanan kalengan
    * makanan kering yang direndam air hangat dahulu, kemudian setelah lunak dihancurkan dengan sendok atau blender
    * campuran makanan kalengan dengan makanan kering yang sudah dihancurkan

    Hati-hati bila menyuapi dengan menggunakan syringe. Pegang kepala atau telinga kucing, masukkan syringe berisi makanan cair dari samping (ujung samping mulut), tekan syringe pelan-pelan agar kucing bisa mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Syringe berisi makanan jangan disemprotkan kedalam mulut kucing karena bisa menyebabkan kucing tersedak makanan.
  4. Beri vitamin & perangsang nafsu makan
    Carilah suplemen & vitamin ini di apotik terdekat. Biasanya lisin dan B kompleks banyak tersedia sebagai suplemen untuk anak-anak, seperti Biolysin® Syrup, Lysmin ® (mengandung lisin & B kompleks), Becombion® syrup (B kompleks).
  5. Tube feeding
    Tube feeding adalah pemberian makan langsung ke dalam perut melalui selang. Biasanya dilakukan oleh dokter hewan pada hewan yang sakit yang tidak dapat mengunyah dan menelan makanan sedikit pun. Tube feeding ini juga sering dilakukan pada anak kucing yang tidak disusui induknya dan tidak dapat menyedot susu dari dot. Ini adalah cara terakhir jika 4 cara diatas gagal.
source : http://www.tdwclub.com/showthread.php?101-Bagaimana-Cara-Mengatasi-Kucing-yang-Tidak-Nafsu-Makan

121 komentar:

  1. dok saya mw nny dok, kucing saya umur 3 bln gk mw mkn mlu dari kmaren, tapi agak aktif dikit, tapi klama lamaan dy agak lemes, udh saya kasih susu kentel, sarden, ayam smua nya dia gk mau. tp dia mau minum air putih. trs pas saya kasih makan paksa krna sy takut di engga makan mulu dan takut nya mati. ps dia mengunyah kaya ada suara kkreekk kkreekk di gigi nya. pas saya lihat rahang nya agak beda dengan kucing saya yang satu umur 1 thn lebih memang agak sedikit berbeda rahang nya di belakang nya agak bengkak di badgian gusi nya. sedangkan kucing saya 1 nya luru rahang blakang nya. pup nya mencret. tp udh saya kasih susu kentel tapi dia muntah dok, sya bingung hrs ngasih mkanan apa. sya kasih vit C, obat cacing untuk manusia apakah aman?? saya bingung apakah dia kena cacingan atau karna gusi nya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe saya bukan dokter lho, saya mahasiswa komputer yang hobi melihara kucing

      Sebelumnya kucing sudah vaksin ? kalau masalah dimulut kemungkinan bisa terjadi bengkak gusi karena masalah di gigi. ini yang menyebabkan kucing menjadi tidak nafsu makan karena sakit saat mengunyah termasuk diare. Gunakan makanan cair contohnya merk Vitacraft , kandungan gizinya lengkap

      Susu yang diberikan harus susu khusus kucing yaitu susu KMR atau susu non laktosa. diluar itu , susu justru bisa membuat kucing diare karena tidak bisa mencernanya

      Untuk pengobatannya sepertinya yang lebih baik ke Dokter hewan langsung

      Hapus
  2. Mas saya mau tanya, kucing saya ga mau makan, terus nafasnya tersendat-sendat seperti mau muntah,
    Udah 2 hari ga makan, solusinya gimana yah.?
    Tolong mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucingnya baru atau sudah lama ? kalau kucing baru berarti masih adaptasi. Klo kucingnya udh lama tapi tiba2 ga mw makan, segera bawa ke dokter mas

      Hapus
  3. Gan ..
    Saya punya kucing betina umur 5 bulan (persia medium) dia manja bgt , jadi waktu saya tinggal sehari smalam , eh pas saya pulang dy justru gamau makan dan minum , saya ke dokter dy bilang kucing saya kena ginjal , dan tidak boleh terlalu memanjakan kucing , jd saya harus gmna ya ? Karna memang kcing saya sudah terlanjur manja ,, dan bagai mana cara dy supaya tdk kurang minum ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya g boleh memanjakan kucing tuh gmna ? kok aneh ? kucing kn emang hewan manja. Yg perlu dihindari saat terkena ginjal adalah makanan yang terlalu kering dan kurang nya minum air. Sediakan air yang berlebih atau dipancing menggunakan susu khusus kucing :)

      Hapus
    2. Gak boleh manjain kucing berlebihan kata dokternya ..
      Sdgkan kucing ku ini emg manjaaaaaa bgt ,
      Makanan kucing ku ini vitamax , apa bagus gan ?
      sehari yg lalu kucing ku mati satu , apa berpengaruh dg kucing ku yg satu (mentalnya) ??

      Hapus
    3. Sebeneranya klo manja dalam urusan kegiatan ga masalah, mungkin kta dokternya g boleh terlalu manjain pas lagi sakit tkut kucingnya kecapean. Klo makanan kucing semuanya bagus koq, cocok cocokan sama kucingnya, yg pnting pasokan air minumnya ttp terjaga dan klo bisa diselingi wetfood.

      Kucing juga bisa merasa kehilangan, kita berikan mereka perhatian yg lebih supaya dia g merasa sepi dan kehilangan :)

      Hapus
  4. Kucingku baru sapih, dia dikasih makan nasi dan serpihan ikan tapi tidak mau makan, maunya main terus, di suapin juga tetep nolak, pertanda apa ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanda masih blum siap disapih mbak :), masih butuh susu induknya

      Hapus
  5. Permisi saya qie2.
    Ini the first saya pelihara kucing dr kecil.
    Saya dpt kucing ini ketika baru pindah. Dan di rumah saya buka butik lagi2 asyik2 prepare ne kucing nongol cari perhatian krn pinter aq jd pelihara dia. Aq syg bgt ama dia. 4hri yg lalu kucing q demam krn aq mandiin kali yaa... Ampe 2hri g mw mkn kecuali minum susu. Bawa'annya malas mulu, pdhl biasanya g bs diam ampe jm 1 pagi, akhirnya aq udh galau mw bawa ke dokter gda kendaran kmrn. Mw kasih paracetamol takut2 krn browsinh ada baca kebanyakan paracetamol bs mengakibatkan kucing mati. Akhirnya aq teringat ank kecil dn dewasa obat demamnya bs ibuprofen, kbtulan aq pny.. Jd 1bulat tablet itu aq bagi jd cuma dpt secuiiiilll kecil, aq haluskan+ dengan susunya, bru di minumkan ama dia pake sendok. Mlmnya dia udh lincah kembali. Tp tny 2hri kemudian dia g mw makan lg, bahkan 2ikan full dia g perduli. Minum susu jg g.. Bawa'annya mw ke kamar mandi ngadem. 2hri g makan aq g tahan lg, aq bawa ke dokter. Dokter blg dia sehat, jantungnya jg sehat, kemungkinan besar di stress gda kawan. Dokter jg blg jgn d kasih ke kamar mandi dl dia, itu penyakit..! Gejala apa gt katanya g inget.. Akhirnya aq beli parfum, shampoo, vit makan, dn whiskas kitten usia di bawah 1thn. Dia masih 2bulan dgn berat 0,4 ons.
    Sampai rumah aq kasih vit biar kuat makan ama obat cacing yg dr dokter. Tp dia ttp g mw makan. Dokter g izinin dia mandi dl krn blm fit. Jd aq kasih parfum aromatherapy pengurang stress. Tp dia skrg jd pengen keluar rumah aja, mnjerit2 kuat kayak lg manggil induk atw temennya. Kebetulan d samping rumah ada pajak, dia bolak balek ksna, saya ampe cape' ikutin dianya. Akhir saya bawa balek ke rumah, kecapean dia istirahat, saat bangun balek lg dia maksa keluar rumah jerit2 lg, ampe 3x kyk gt jg.. Di kasih makan whiskas jg g mw, ikan g mw, ikan d blender g mw, susu g mw, air putih g mw. Mlmnya tidurnya susah bgt, tgh mlm bangunin saya minta keluar, saya bujuk2 lg akhirnya bobo lg, shubuh2 bangunin saya lg minta kluar, pusing saya :'( ada yg bs kasih saya masukin.. Help me.. Syg bgt ama si meong.. (Saya ada rencana jg mau carikan dia tmen gt, gmn menurut tmen2 smw?) Thanks yaaa :)

    Qie

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang medan kah ? Kemungkinan besar kucingnya stress. yg pertama karena mandi, umur dua bulan kucing belum dianjurkan untuk dimandikan. lebih baik di waslap aja kaya mandiin bayi. kedua dia stress karena ga ada temennya. Harus makan mbak kucingnya, harus dipaksa, bisa disuapin atau pake spet

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  7. ane mau nanya nih,ane kan baru beli kucing kira" umur 3 bulan pas di rumah kok ga mau makan,tapi besok nya tau tau dah pup,abis pup langsung muntah,eh abis muntah kucing ane langsung lemes,jadi takut,mohon sarannya ...

    BalasHapus
  8. padahal ane dah ganti makanan 2 kali tapi tetep ga mau makan -_-,terus kadang kadang klo tidur perut kucing ane sering bunyi grok" tuh kenapa ya ? maklum baru pertama kali piara kucing

    BalasHapus
    Balasan
    1. muntah nya warna apa ya ? itu baru bli dbwa perjalanan kemungkinan mual, dan kalau dirumah baru biasanya juga stress g mw makan. Tp dicek aja trus kondisinya cb dipancing pake makanan basah. Kalo suaranya grok2 memang wajar kok, apalagi klo lg aktif

      Hapus
    2. muntahnya warna putih,terus kucing ane dah mau makan tapi masih dikit"tapi kok malah minum terus yg banyak,oh iya kemaren kan ane beli pagi jam 11 tapi pup nya kira kira besok nya jam 3 terus langsung lemes,tapi langsung aktif lagi sih..

      Hapus
    3. terus boleh ga sih kucing persia itu di kasih makanan kayak keju,tempe atau ikan cue mohon infonya ya gan ..

      Hapus
    4. putihnya sih ga bening kyk putih susu,bales dong gan klop dah di baca -_-

      Hapus
    5. Sorry bru sempet bales. Itu masih adaptasi kok, wajarnya memang begitu. Yang penting kucing g terlihat terlalu lemes. Kucing ga boleh dikasih keju karena mengandung susu yang berlaktosa

      Tempe bagus untuk mengobati mencret, tp bukan untuk makan harian.

      Ikan cue = pindang ? bagus kok, makanan alaminya

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    7. terus kalo kucing d kasih susu manusia itu boleg ga sih ? sry ya banyak tanya soalnya kyk nya agan berpengalaman banget :)

      Hapus
    8. klo kucing lebih banyak minum daripada makan tuh gpp kan ya ?kucing ane makan sih makan tapi lebih banyak minum nya,aneh

      Hapus
    9. kadang kadang suka aneh klo denger tenggorokan kucing bunyi grok" tuh bener gpp ya ?

      Hapus
    10. Ga boleh mas, kucing ga bisa mencerna laktosa yg terdapat disusu manusia, keculai susu yang non laktosa.

      Harus banyak minumnya, bagus itu. Kalau kurang minum malah memperbesar resiko terkena sakit ginjal

      Klo grok2 gapapa mas, normal. Kecuali klo hidungnya meler. Berarti lagi sakit flu

      Hapus
    11. Kunjungi juga www.sistemmikir.com

      Hapus
    12. terus kalo kucing sakit flu,kan hidungnya keluar lendir(ijo") tuh obatnya apa ya gan ? apa harus di bawa ke dokter ? apa di diemin aja ? klo ada obatnya kan bisa hemat biaya juga ..mohon solusi nya ya ...

      Hapus
    13. Dihangatkan dibawah sinar matahari pagi 10 menit, asupan makan ditingkatkan, klo ga nafsu makan bisa pake wetfood atau murahnya ikan pindang

      Suplemen yg mengandung lysine murni seperti viralys, virulys atau vitamin anak2 yg mengandung lysine bs membantu penyembuhan dimana lysine berguna untuk mengganggu replikasi virus. Kalau memberi vitamin anak2, gunakan 1/4 dosis.

      Jangan diberi obat pilek manusia karena merusak liver

      Hapus
    14. contoh vitaminya apa ? ga menyebabkan kematian kan?dan kalo sembuh kira kira berapa minggu/hari ?

      Hapus
    15. biolysin anak, ga dong asal jagn over dosis. Sembuhnya tergantung daya tahan tubuh si kucing

      Hapus
    16. maksud ane penyakit flu nya ga menyebabkan kematian kan ?

      Hapus
    17. Sory yg tadi tk maksud flu itu pilek biasa. Kucing tetep lincah n mau makan. Tp klo flu kucing ga ada obatnya, ciri2nya yang paling jelas kucing jadi lemes.

      Hapus
    18. kucing ane masih lincah berarti bukan flu ya,cuman pilek biasa,kirain pilek sama flu itu sama

      Hapus
    19. ada ga si makanan yg ga bikin bulu kucing rontok,masa kucing saya di pegan dikit bulunya rontok,kena marah terus,terus kata tetangga saya emang kucing 3 bulanan tuh harus banget ya di vaksin ?..terus kucing saya kalo pup itu ada merah merahnya gitu dikit kyk darah warnannya,itu bahaya ga mas ?

      Hapus
    20. Ada mas contohnya nasi. Atw memang makanan yang ga cocok dan bikin alergi. Rajin disisir aja mas pake sisir grooming. Vaksin itu wajib mas, supaya kucing nya sehat dan terhindar dari penyakit mematikan. Klo pupnya berdarah kemungkinan cacingan. Coba diberi obat cacing drontal

      Hapus
    21. klo kucing umur 3 bulan an boleh di mandikan ga mas ? sama ngasih vitaminya gimana kalo kucing pilek ?

      Hapus
    22. klo lagi pilek jgn dulu mas, tp klo sehat g masalah. Tp lebih baik pakai air hangat. Ngasih vitaminnya bisa dmininumin langsung atau dicampur minumannya. dosisnya sedikit aja mas

      Hapus
    23. mas kalo mata kucing berair tuh kenapa ya ? apakah kena flu ? tapi kucing saya aktif dan makanya juga ga masalah ...

      Hapus
    24. sering2 dibersihkan aja mas,pake tisu atau kapas

      Hapus
    25. tapi pebnyebabnya kenapa ?

      Hapus
    26. bisa banyak mas, bisa karena iritasi, cacingan atau memang gen

      Hapus
    27. kayak nya klo gen itu ga mungkin mas soalnya sebelumnya ga papa,klo karena iritasi apakah sampe lama,soalnya kucing saya sampai hari ini masih mengeluarkan air mata,apakah karena cacingan,klo memang cacingan apakahada obatnta agar bisa sembuh ?

      Hapus
    28. Bisa jadi cacingan, coba dikasih obat cacing. saya ga bisa terlalu kasih saran obat kalau berkaitan sama bagian mata, soalnya ngeri klo salah obat

      Hapus
  9. Aku pnya kucing 4 ekor, dipeliharanya udh dr kecil, dr lahir..
    19 Oktober nanti usianya udh 6 bln.. Dr kecil pas udh pisah susu dari induk ny aku kasih mknan ny nasi putih+ikan teri (maklum, tmpt aku tinggal itu ga ad jual mknan/susu khusus kucing, yg nama ny dokter hewan jg gaada, jd aku ksi mkn seadanya, mnimbang kndisi ekonomi jg, tp aku penyayang bget ama kucing)
    tp tiba.tiba sjk smngguan yg lalu, kucing aku yg 4 itu ga mw makan semuanya... Aku pkir mrka bosen sm makanannya, jd aku ganti, aku kasi ikan asin ga mw, bhkan aku ksi ikan laut jg ga mw, mrka jd srg muntah skrg, muntah ny itu kyk air gtu aj yg kluar, bening... Jd kurus smw skrg kucing ku, pdhl dlu ndut bnget smw ny :(
    Aku bngung bnget hrs gmna lgi, aku syg bnget sm kucing.kucing ku, aku hrs gimana ? Mohon bntu aku... Aku btuh saran nya mas/mbak...
    Tlg d bles yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan terkena penyakit mbak karena kejadiannya semua kucing sama2 terkena . Kucingnya sama sekali ga mw makan ? harus dipaksa untuk makan mbak. Kucing yang ga divaksin lebih besar kemungkinannya terkena penyakit menular, contohnya distemper, dan tanda2 distemper termasuk muntah2 itu

      Hapus
    2. Yg satu nya udh mati mbak :(
      yg mati ini kmrin kyk flu gt, bersin.bersin trs d hdung ny ad cairan gt mbak, sama sekali ga mw makan dia...
      Skrg yg satu ny udh mendingan, udh mw makan tp msi milih.. Udh lmyan blik k bntuk bdan ny yg dlu...
      Nah skrg yg 2 lgi ini mlh sush bnget d sruh mkn.. D pksa pun mknan ny d muntahin lagi..

      Hapus
    3. Yg satu nya udh mati mbak :(
      yg mati ini kmrin kyk flu gt, bersin.bersin trs d hdung ny ad cairan gt mbak, sama sekali ga mw makan dia...
      Skrg yg satu ny udh mendingan, udh mw makan tp msi milih.. Udh lmyan blik k bntuk bdan ny yg dlu...
      Nah skrg yg 2 lgi ini mlh sush bnget d sruh mkn.. D pksa pun mknan ny d muntahin lagi..

      Hapus
    4. Yg satu nya udh mati mbak :(
      yg mati ini kmrin kyk flu gt, bersin.bersin trs d hdung ny ad cairan gt mbak, sama sekali ga mw makan dia...
      Skrg yg satu ny udh mendingan, udh mw makan tp msi milih.. Udh lmyan blik k bntuk bdan ny yg dlu...
      Nah skrg yg 2 lgi ini mlh sush bnget d sruh mkn.. D pksa pun mknan ny d muntahin lagi..

      Hapus
    5. kemungkinan dengan gejala diatas terkena flu kucing. Dan flu kucing ga ada obatnya kecuali pencegahan yaitu vaksin. Yang sehat dipisahkan dengan yang sakit mbak. Pokoknya paksa makan terus. Klo ga mau disuapin bisa pake spet. Diberi makan kuning telor n madu biar mudah mencernanya

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  11. Mas kucing saya ga mau makan.
    Udh hampir sminggu ga mau makan ..
    maunya minum terus ...
    Habis minum langsung pengen.a di kamar mandi aja ... tiduran di lantai.a
    biasa.a mh lincah bgt ..
    Pas di ksh makan kurang lebih seminggu lalu .. dia muntah .
    muntah.a awal.a normal saya kira tersedak (mkn ikan cue)
    Eh lama" kelamaan muntah.a kuning dan berbusa . Trus skrg di hidung.a ada cairan gitu.
    kucin.a skrg lemas dan kurus..
    tolong saran.a ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba membantu ya mas, kemungkinan terkena flu. Kucingnya belum pernah divaksin ya ? Klo udah kena flu ga ada obatnya, tinggal gmna kita ngerwat sebaik2nya. Tp semoga pendapat saya salah, karena bisa gawat. Lebih jelasnya langsung dibawa ke dokter hewan mas

      Hapus
  12. Mas saya mau tanya.. kucing saya usianya 3 tahun. Hari ini dia gak mau makan(cuma mau minum doang), badannya lemas, dan muntah muntah
    Kalo gejalanya kayak gitu, di kasih obat apa ya??
    Mohon info nya ya ., tolong

    BalasHapus
  13. mau tanya dong mas, kalo makanan kucing merk imorganic bagus gak sih? soalnya aku pengen kucingku gemuk. hari ini dia mencret,pas saya amati pup nya gak ada cacingnya ko mas. itu kenapa ya?, terus kucingku umur 5 bulan belum divaksin. kira2 umur berapa ya harus divaksin? mohon infonya trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanannya jangan langsung diganti full mbak le merk tsb, tetep pake merek yang lama namun pelan2 disispin makanan yang baru. kalo tiba2 diganti dan ga cocok bikin mencret. Semua makanan kucing bagus asalkan cocok untuk kucingnya. klo mau gemuk ditambah suplemen lain aja mbak contohnya kuning telur.

      Umur 3 bulan udah bisa divaksin mbak, klo udah 5 bulan langsung aja divaksin sebelum terlambat

      Hapus
  14. Mas mau nanya , kucing saya yg umurnya skitar 1 tahunan tersedak makanan mas , trus dia suka batuk batuk gitu mas karena tersedak , gimana ya mas cara ngeluarin makanannya ? Mohon Dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh saya kurang tau jg mas, g prnah ngalamin kucing tersedak. Coba tanyakan langsung ke dokter hewan.

      Hapus
  15. saya juga pernah baca kalo dikasih kuning telur bikin gemuk. tapi saya gabisa ngasihnya jadi takut bau amisnya kemana mana mas hehe.. terima kasih ya mas infonya:)

    BalasHapus
  16. Birahi pengaruh ya sama nafsu makan mas? Jangka waktu birahi itu brp lama ya sampe gak ngerasa birahi lagi? Apa setelah itu nafsu makan bakal balik lagi? Oh iya bagusan kuning telur mentah atau direbus dulu ya mas? Mksh :)

    BalasHapus
  17. ada, kadang jadi males makan. Durasi birahi bisa 3-14 hari. Klo bagusan mentah atau mateng sih tergantung kucingnya suka yg mana ?

    BalasHapus
  18. Mau nanya mas, kucing sy 3bulan aktif sekali lincah dan makan makanan kering eureka. Kmrn sy bawa ke petshop utk grooming dan stlh itu vaksin awal. Selama menunggu antrian di petshop krn sy lupa ga bawa eurekanya, dia dikasih whiskas kitten yg makanan basah dan kata petboy nya sih dia lahap makannya. Bbrp lama setelah sampai dirumah (malam) mendadak dia lemes maunya tiduran aja, dan tiba2 perutnya spt terkocok2 trus muntah! Muntah pertama coklat dan amis spt makanan basah td disertai lendir berbuih. Muntah kedua dan selanjutnya warna coklat muda kekuningan dan berbuih putih. Sy letakkan dia d kandang beralas hangat. Dia tdk mau makan/minum. Tidak mau self grooming pdhl terlihat risih kakinya basah oleh muntahan.
    Paginya dia sudah tidak muntah, mulai agak lincah mau bermain2, tp tetep banyakan tidur2annya. Sdh mau self grooming sesekali, dan mau minum. Tp dia ttp blm mau makan. Hobi barunya adlh melamun dibawah meja. Pupnya sempat normal dan sempat mencret jg. Yang mencret berwarna coklat spt muntahan td malam yg bau whiskas itu.
    Kucing sy kenapa ya?? :'( ada yg bilang krn efek vaksin biasanya spt itu, atau dia gak mau makan krn sudah nyicipin makanan basah ya? Tp sy gak yakin dia cocok sama makanan itu krn di muntahan dan mencretnya itu bau makanan basah itu.
    Sempat saya pancing masukkan bbrp butir eureka ke mulutnya dan dia mau kunyah sampai habis tp tetap gak mau makan yg di tmpat makannya.
    Sy khawatir krn sy beraktivitas seharian d luar rumah dan kalau dia seharian nggak makan gimana ya?? Pls help

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya memang efek vaksin mbak, klo efek pemberian wetfood ga mungkin sampai lemas kya diatas, paling berat ya cuma mencret kalau ga cocok makanannya keculai wetfood x basi atw beracun.

      kalo ga mau makan, kasih makanan cair aja mbak / telur kuning. Dipaksa masuk mulut pakai spet atau alat lainnya

      Hapus
  19. mas saya mau tanya.. kemarin kucing kesayangan saya sudah mati 2 , yang satu karna muntah cacing, dan cacingnya besar banget, warnanya putih, ga mau makan selang sehari ga makan dia langsung mati, beberapa hari berikutnya yang satunya lagi muntah2 terus, ga mau makan sama sekali, lemes banget, terus mati :'( sekarang kitten saya umurnya 3 bulanan juga ikut2 an lemas dan ga mau makan, udah disuapin pake tangan tapi beberapa menit langsung dimuntahin semuanya .. menurut mas saya harus gimana ? udah 2 yang mati, saya ga mau kitten2 saya ikut2an mati juga .. oh iya kucingnya anggora ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya mulai umur 2 bulan kucing sudah harus di vaksin utk mncegah penyakit2 dan virus mematikan. Dari cerita diatas kemungkinan kittenx terkena penyakit menular yg mematikan contohnya distemper / calici virus. Segera pisahkan yg sakit dan sehat lalu bawa ke dokter utk tndk lanjutnya

      Hapus
  20. Misi gan,,
    mohon info nya,,,
    Sya kucing flatnose sya ko gk mau makan ya,,udh 1 blnanan,,smua makanan udh sya cba,,dri blackwood mix equil, trus wiskas, friskes basah, proplan, sma RC,
    Makannya dikit bgt,,,
    Smpe dr bdan gemuk bgt kaya harimau,,mndajdi tulang doank,,lemes bgt kucingnya,,
    Sya kasih madu dy udh mulai bsa berdri,,tetapi selera makannya ttp ajh gk mau makan bnyk lgi mas,,mau nya diem di tempt yg adem trus,,di dpn kmr mandi,,
    Klo gk di dlm kmr mandi,,
    Dri pup nya mencret,,
    Itu knp ya mas,,tolong info nya urgent bgt,,,
    Sya kasih daging ayam mentah,,mau makan, tpi ttp ajh makannya cuma dikt,,dy malah bnyk minum,,
    Itu kucing krna skit ato gmn ya,,,
    Sya mau coba scinece dieth rekomend dr cat lover,,apakan bsa efektif mas,,spya nfsu makannya lahap,,trus terang sya liat kucing nya miris bgt,,kurus kering, bulu rontok,,trus pas sya mandiin keluar drah di kupingnya,,,kata tmn sya krna ada ktu nya di dlm kuping,,cara penanggulangannya gmn ya,,
    Mohon bantuannya mas,,urgent,,help me,,

    BalasHapus
  21. wah dilihat dari kondisinnya sepertinya sudah parah mas, langsung dibawa ke vet aja.

    BalasHapus
  22. Mas tolong kucing sy udh bbrp hari gak mau makaan...dr yg semula aktif
    Lucu gendut nafsu makan besar tiba2 jd gk mau makan. Badannya kuruus..pup nya mencret. Sdh sy kasi makanan neo (makanan kering) dia gk mau..susu gk mau..ikan cuma dicium2 doang makannya dikit... mesti gimana doong..dia lbh byk tidur..gk mau main2..umurnya 10bulan..apa sedang birahi yaa.kucing jantan..tp kok sy miriiis liat dia kurus..cuma tidutan doang...saya mesti gimanaaaaa... pleasee hellp

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh bisa bnyk kmungkinan, lgsg bw ke vet aja mbak

      Hapus
  23. Tanya dong..
    Ak punya kucing kecil 2,cewek semua..umurny krg lbh 22 hr klo dihitung dr tanggal ak nemuin dia..(nemuin d jln tgl 26 nov 2013)..awal2 nemuin itu aktif bgt dua2ny..selang brp hr kucing yg plg kecil makanny dikit2 aja..minumny gx ad mslh..trs klo siang itu sukany tdr berjemur..sblmny prnh mencret..tp skrg ud normal..yg kecil itu loh skrg makan gx mau,minum gx mau,main gx mau,mauny tidur terus..lemes bgt..makan sampe ak suapin bubur bayi itu blh gx ya??dan ak br tau (baca artikel diatas) klo kucing kecil gx blh dimandiin ya..itu ud ak mandiin 2x nya skrg..hehe (maklum pengasuh br)..kasi solusi dong..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. disuapin aja terus gan, jgn pake bubur bayi krna ada karbo nya. pake kuning telur + madu

      Hapus
    2. Bisa menyebabkan apa klo ada kandungan karbony mas?
      Selain itu jg ak kasi b compleks..tp yg tablet itu mas..1 tablet ak gerus dibagi 4,trs ak campur d makananny apa blh ya mas?

      Hapus
  24. gan kalo kucing jarang aktif dan sukanya ngelamun itu gara2 apa ya gan ? gimana caranya supaya bikin dia aktif ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake catnip gan, cb liat diartikel ttg catnip

      Hapus
  25. salam....
    aku Arin, aku punya kucing betina namanya Grey. Grey sudah 2 hari tidak mau makan, aku suapi tetap tidak mau, aku juga sudah coba beli makanan yang lain siapa tau dia bosan dengan makananya yang lama tapi tetap Grey tidak mau makan, minum juga malas. trus Grey sering mengeluarkan liur yang berbau dari mulutnya dan muntah-muntah yang berwarna bening agak kekuniangan, bulunya agak rontok dan terlihat lesu, senang sendirian dan jarang mengeong.....
    kira-kira Grey kenapa yah? dan bagaimana agar Grey kembali sehat?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung aja mbak dibawa ke dokter, kayanya kena virus itu

      Hapus
  26. yunk... Ngkok kucing tak ndek ngkan lah 2 hri, perak tdung malolo, eberrik kakanan apa bei tak ndek, eajek agejek bik kancana tak ngrespon jek... Trz kodu bremma ye?

    BalasHapus
  27. Help me... kucingku umur 2 bulan. Menurut yg pertama adopsi kucing ku, 2 bulan harus dikasih obat cacing karena itu anjuran dari dokter hewan. Setelah saya beri obat cacing keesokan harinya kucing saya pup ada cacingnya masih hidup pupnya keras .tapi sekarang kucing saya setelah diberi obat cacing malah gak mau makan & minum susu. Kenapa ya

    BalasHapus
  28. gan kucing saya sekarang kena virus truus dia bolak balik muntah saya bingung gan gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lgsung dibawa ke dokter aja gan, sblum gawat

      Hapus
  29. Mas/Mbk ... Q mau nanya Nie ... T_T Kucing Q Umur 3 bulan Kemaren Dia Aktif bgt mau makan minum trus pagi hari tadi sampai skarang dia tiduran aj ga mau makan minum trus muntah`` itu Knapa Ya Mas/Mbk .

    BalasHapus
    Balasan
    1. segera dibawa ke dokter mbak, sekarang lagi musimnya virus

      Hapus
  30. Kak numpang tanya , kucing saya pas kawin umur 9 bulan,dan skrg sdang mnanti klahirannya , brati umur 11 bulan, apa benar kucing saya masih kecil untuk menjadi seorang ibu? Dan apa mgkin kecil kmungkinan anak nya hidup? Dan apa yg saya musti siapkan mnjelang klahiran kucing ini mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang resiko diatas lebih besar bila induknya hamil dibawah umur satu tahun, tp kemungkinan sehat tetap ada koq.

      siapkan saja kasur/ tempat untuk melahirkan, gunting yg steril utk memotong tali pusar , dan lap untuk membasuh anaknya yg baru lahir JIKA tidak diurus, induknya kelelahan. Namun apabila induknya mampu secara alami ya kita cukup menonton saja

      Hapus
  31. bang...minta solusi donk...aq punya kucing..kira2 umur 2 bln ..tpi sulit makan ...n suaranya hilang...itu gmana ya bang ? maksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bang atas sarannya, tpi kemarin udah keburu mati...:-(

      Hapus
  32. Mba/mas maaf saya mau bertanya kucing persia saya kok tidak mau makan lemas ya? 2Hri yg lalu kucing sya tiba' muntah dan keesoknya hari tdk mau makan.. langsung sya bwa ke dokter dan lngsung di suntik dn diberi obat tpi smpe skrng tdk ad kemajuan, dan sya liat kucing sya tidak 'pup' selama dia msih sakit smpe skrng.. mhon bntuannya mas/mba.. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu ke dokter dikasih tw sakitnya apa mas/mba ? yg lebih paham sakitnya dokternya

      Hapus
  33. Kak, mau tanya. Kucing saya umurnya 2 bulan. Dia kira-kira 3 hari yang lalu nggak mau makan, minum juga cuma sedikit, mulutnya banyak mengeluarkan air liur, dan badannya juga demam. Kira-kira kenapa ya? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sudah ga mw makan dan demam, lgsung dibawa ke dokter aja deh , bisa bahaya klo telat n salah diagnosis

      Hapus
  34. Halo, aku windy. Mau mnta pendapat nya. Kucing persia qu jantan usia 1 thn sudah bbrapa hari ini males makan. Puncak nya hari ini mkanan nya gag mau disentuh sm skali. Pdahal udah aku campur sm wet food, dan aku ksh nutri vita gel. Apa mgkin kucing jantan ku stres krn 5 hari yg lalu aku baru di kasih kucing betina maine coon usia hampir 2 thn. Sejak mainecoon nya dibawa ke rumah persia ku sprti takutdan malas utk makan dan buang air di tmpat nya biasa yg ada dilantai 2 rmh. Pdahal biasanya persia ku mandiri bgt. Tolong saran nya. Gmn cara nya biar persia ku gag stress dan biar keduanya bisa cpt akur. Thnks b4..

    BalasHapus
  35. coba deketin beberapa hari tp dibedakan kandangnya, biarkan meraka saling melihat dlu. Nyatuin kucing dewasa emang rada susah, apalagi jantan soalnya udah punya ego utkmemperthankan wilayah

    BalasHapus
  36. Kucing saya udah 4 hari ga mau makan sm skali, BABnya mencret, sering muntah2 (muntah air berbusa gitu), kadang2 mulutnya kluar air liur, itu sakit apa yach? bagaimana solusinya biar cpt sembuh & mau makan lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung dibawa ke dokter aja kucingnya , sebelum telat

      Hapus
  37. Mas/mbak mau tanya kucing ku udah beberapa hari ini pupnya mencret trus sekarang malah gak mau makan, maunya minum dan tidur terus. di sodorin makannya gak mau di makan (makannya ikan cue), di kasih makanan kering yg biasa dia makan jg gak mau. tolong sarannya ya mbak/mas harus di kasih makan apa kucingnya biar mau makan lagi. makasih sebelumnya

    BalasHapus
  38. mas/mba boleh tanya ya.. kucing ku udah beberapa hr ni gak mau makan.. diksh makanan basah gak mau jga,, udah q kasih minum obat cacing jg tp msh gak mau makan.. tolong saran nya ya.. makasih sebelumnya..

    BalasHapus
  39. Salam catlovers, mau tanya. Virus distamper yang menyebabkan tidak nafsu makan. Ada solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh kalo sudah kena destemper resiko utk sehatnya kecil. Wajin kucing utk divaksin agar mencegah penyakit berbahaya sperti distemper

      Hapus
  40. Saya punya kucing persia medium umur 2,5 bln. Dia makannya proplan trs, nah tp proplannya sudah habis pengen langsung di ganti sama eureka tapi tanpa di campur sama proplan. Kira2 dia mau makan eurekanya nggk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ga bisa dipastikan, ada kucing yang mau ada yang enggak. Tp rata2sih mau kan kandungannya sama2 ikan

      Hapus
  41. permisi mau naya kucing saya gak mau makan 2 hari yang lalu. trus di mulut ya kok keluar buih. dia sepet sulit jalan gimana cara obatin ya apa ada cara ya....?

    BalasHapus
  42. ternyata kucing saya udah mati. baru aja saya kubur.ternyata kata orang mulut kucing berbuih karena keracunan. saya sangat sedih karena kucing kesayangan saya mati.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau keracunan bisa dinetralisir menggunakan air kelapa muda, maaf telat jawabnya

      Hapus
  43. Hallo, saya punya kucing (jenis biasa/kampung) berumur 7 bulan. Sudah seminggu lebih dia tidak aktif bergerak lebih banyak duduk dan tidur (padahal biasanya lari sana sini dan suka bgt main), nafsu makan juga berkurang sekali, beberapa kali muntah juga tapi tidak setiap hari. Trus warna hidungnya kadang pink kadang pucat. Udah di bawa ke dokter hewan trus diperiksa dari mulut, kepala sampai suhu tubuh katanya normal.
    Kira-kira sakit apa ya sampai dia begitu? apa cacingan? atau keracunan?

    Mohon solusinya ya...makasih banyak...

    BalasHapus
  44. Halo,saya punya kucing persia kira2 umurnya 6bulanan baru adopt 2hari yg lalu,ga mau makan,kata yg dulu punya dikasih Vitamax,sudah dikasih tapi ttp ga mau, itu kenapa ya ? Terimakasih

    BalasHapus
  45. saya punya kucing kampung,dia melahirkan 3 anak kucing.lalu sdh bbrpa bula ank kucing nya gk mau menyusui, ibu nya udh kasi nyusui tpi dia gk mau nyusu.knpa kucing sya ini???

    BalasHapus
  46. Permisi, numpang tanya...nih kucing umur 3,5 bulan,,
    Dia susah banget kalo dsuruh makan,, kadang mau makan tapi cuma dikit,,,
    Jenis makanan yg sering sy kasih tuh yg kering,,,
    Kriuk-kriuk kalo dimakan, hehe
    Udah diselingin juga tapi dia masih susah makan, bingung saya.. Takutnya nanti dia sakit.. ��

    BalasHapus
  47. Nah jadi sy harus gmanaaaaa... Dokter hewan jauh dari rumah, kucing sya paling gak suka masuk kandang, jadi gak tega kalo dia dbawa kluar jauh harus masuk kandang.. Mau gak mau kan hrus drumah trus,,
    Tanpa dokter hewan , apa bisa sy ngatasin tuuh kucg...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ibu kasih kuning telur mentah dicampur madu dan disuapi kucingnya menggunakan spoit...untuk tetap ada nutrisi dan proteinnya...

      Hapus
  48. kucing saya kok gak mau makan ya? maunya minum doang, apa dia sakit atau

    BalasHapus
  49. mas bagaimana cara mengobati kucing umur 1 bulan yang terkena penyakit Scabies????...

    BalasHapus
  50. Aku mau tanya: kucing aku abis melahirkan, terus anaknya mati. setelah anaknya mati dia jadi stres banget, dipanggil nggak mau nengok (pokoknya bengong terus kaya patung), dikasih makan ngga mau, dikasih minum juga harus di cekokin... gimana ya biar dia mau makan lagi terus ngga murung lagi... :'(

    BalasHapus
  51. Maps mau tanya,,,,Ku ada pelihara kucing kampung sekalian aku ksih makan whisk as,,,, kucingny lahap bgt makanny malah setelah 1bulan badanny Jd gendut to yg paling menonjol bagian perutny, APA itu normal? Tp slain ITU dia jg JD males Dan mania bgt mauny tiduran mulu,,,,Dan refleks nya cepat meningkat Dr sblmny

    BalasHapus
  52. Mas, mau tanya, k ada pelihara kucing kampung sekalian aku kasih makan whiskas, kucing NY lahap bgt makanny setelah 1bulan badanny. jd gendut tp yg paling menonjolny bagian perut, APA itu normal????? Selain ITU dia JD males Dan manja bgt mauny hbs makan tidur Dan lebih refleks,,,, mksh at as jwbny

    BalasHapus
  53. ka , mau tanya nihh .. aku punya kucing .. anakan sihh
    dulunya dia nyusu , ampe sekarang sihh masih , tapi tiba tiba beberapa hari kemudian ..
    dia ga mau makan , trus pupnya mencret , truss suka muntah abis minum susu mamanya ..
    dan sekarang dia lemas banget ..
    kalo dia diare , microlax atau obat cacing manusia cocok ga buat dia ?

    BalasHapus
  54. kak, aku mau tanya, kucing ku sakit, namanya billy, dia semalam saya keluarkan dari rumah agar bisa bermain, lalu saat pulang kakinya pincang sebelah, lalu gak mau makan sudah di kasih serealnya, bagaimana nih kak? Balas yaa...

    BalasHapus