Selasa, 27 November 2012

Mengobati scabies pada kucing

     Penyakit scabies ini termasuk penyakit yang paling sering menyerang kucing kita. Penyakit scabies ini disebabkan oleh parasit tungau (sarcoptes scabiei.). Ciri ciri kucing yang terjangkit scabies mulanya sering menggaruk garuk dibagian kepala. Kemudian mulai dari kuping muncul bercak kerak kulit yang mati dan membotak. Jika dibiarkan akan semakin menyenar ke seluruh muka kucing. Terkadang kita salah kaprah antara scabies dengan ringworm. Cara yang paling gampang untuk membedakannya adalah , jika scabies terletak dipinggir kuping kita kerok2 pelan, maka kulit mati yang tampak seperti ketombe terangkat hingga menimbulkan luka lecet.

Bagaimana cara mengatasinya  ???:
  • Segera pisahkan kucing yang terkena gejala scabies karena penyakit ini menular
My cat pas menyusui terkena scabies diwajahnya
http://aboutkucing.blogspot.com/
  • Mandi dengan shampo yang mengandung sulfur. Mandikan kucing dengan shampoo/sabun yang mengandung sulfur, kemudian dicelup (dip) dengan cairan sulfur 2-3 %. Bilas dan rendam tubuh kucing yang sakit selama 10–15 menit. Ulangi cara ini 2–3 kali dengan interval waktu satu minggu sampai sembuh. Mandi dan dip sulfur dilakukan setiap tujuh hari sampai sembuh. Setidaknya diperlukan 6-8 kali mandi hingga penyakit sembuh.
  • Sebelum diobati bagian luka dioles dahulu dengan alkohol 70 %. Alkohol dapat membunuh tungau penyebab penyakitnya.
  • Salep yang mengandung Permethrin 5%, Gamexane (gama Benzene Hexachloride) 1%, atau derma tech. Obat ini efektif dan aman digunakan dalam terapi manajemen scabies. Permethrin 5% cream bisa diaplikasikan sekali untuk 12 jam atau sulfur 5% – 6% dalam petrolatum diaplikasikan setiap malam selama 3 malam. Pasien akan terus mengalami gatal-gatal selama beberapa minggu setelah pengobatan. Bisa digunakan triamcolone 0,1% cream untuk mengobati dermatitisnya.
  • Cara alami yang saya sudah praktekan adalah dengan menggunakan minyak VCO. Minyak ini dioleskan pada bagian yang terkena scabies. Sangat manjur dan sangat sangat aman terutama bagi kucing yang hamil ,menyusui dan kitten. Selain vco juga bisa mengunnakan PROPOLIS, cara penggunaannya sama dan sama2 aman
  • Kemudian cara yang paling ampuh adalah dengan memberikan suntikan anti scabiesis. Obat yang disuntikkan adalah obat golongan avermectin, seperti ivermectin, doramectin atau selamectin. Penyuntikan dilakukan dua kali dengan selang waktu dua minggu. Penyuntikkan ini harus juga dilakukan pada kucing lainnya apabila terdapat beberapa ekor kucing dalam rumah. Meskipun kucing yang lain tidak terkena penyakit. Apabila kucing yang lain tidak diberi suntikan, ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dari kucing yang lain yang tidak diobati, yang menyebabkan penyembuhan menjadi tidak pernah tuntas. Serahkan semua pada dokter hewan : )
 Untuk pencegahan , jaga kebersihan kandang kucing kita dan rajin membersihkan kotoran nya. Jangan lupa untuk groming secara teratur agar kucing kita bersih dan harum  ...

26 komentar:

  1. kalau boleh tahu brp hrga minyak VCO nya?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya biasa beli kisaran 25-35 rbu. murah koq

      Hapus
    2. dimana biasa belinya, q sudah cari di apotik dan pet shop tp gak ada.

      Hapus
    3. Apotik century sama guardian.

      Hapus
  2. mas kucing saya kalau di pegang saja udah ngamuk..saya ga tega untuk mengoleskan minyak ataupun obat nya...ada pencerahan ga gan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. megangnya pelan pelan mas, klo bisa minta bantuan satu orang lagi buat yang ngoles minyaknya, satu orang lagi nenangin kucingnya dielus elus dibagian leher bawah biar tenang. Atau msh ragu bisa dibawa ke dokterhewan dan minta disuntik scabies

      Hapus
    2. udah saya suntik scabies yang pertama mas..pertamanya di atas leher..terus dalam waktu 2 hari tiba" di leher di bagian bawah nya seperti itu juga mas...sampai berair bahkan bulunya pun habis....ada yg bisa saya lakukan lagi ga mas

      Hapus
    3. dan aku mau tanya mas...setelah saya kasih alkohol dan minyak di garuk terus menerus saama dia..apa itu gpp mas ?

      Hapus
  3. salam knal.
    kucing sya jg skrg trkna scabies. saya udh bli salepnya. mslhnya swaktu sudh di salepin, kucing sya malah jilatin, apa ga akan ada efek sampingnya? kbtulan salep scabies yg sya bli ada aroma terapinya ..mohon penjelasannya...

    BalasHapus
  4. Bagian mana yang terkena scabies ? Biasanya scabies menyerang bagian kepala. Agar mencegah dijilat atau digaruk gunakan elizabeth collar untuk melindungi bagian kepala dari jilatan dan garukan.Untuk bentuknya coba search di google "elizabeth collar".Bisa dibeli dipetshop terdekat

    BalasHapus
  5. slain kpala (tp blm trll parah), pergelangan tangannya jg. apa g kn apa2, kjilat salepnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sampe terjilat ya ga bagus, soalnya zat kimia. Lebih baik klo memang menyebar, langsung konsultasi ke dokter hewan untuk penanganannya, mungkin bisa diberikan suntik scabies.

      Hapus
    2. nah itu mslhnya, di olesin salep aja susahnya minta ampun, palagi d bwa k dokter hewan.
      tp sya search di intrnet, pake minyak vco jg bs ktny, dn kalau smpe trjilat jg g kn apa2, tp t jg blm sya cb.

      tp, thanks ats info nya.

      Hapus
  6. Mau tanya nih gan.. kalo induk kucing yg sedang menyusui terkena scabies, gimana cara agar anaknya engga tertular .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu2nya cara ya sembuhkan induknya sebelum menular

      Hapus
  7. gan maaf, numpang nanya nih, beli obat vco dimana yah? kira kira kita ngomong nyah obat apa? makasih gan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. di apotek gan, lgsg aja bilang beli minyak vco / kelapa

      Hapus
  8. Klo sampo utk mandi'in klo kena sciebe apa ya namanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda2 mereknya. lgsung dtanya dipetsho aja, biasanya orangnya udah tau

      Hapus
  9. Kalo masi kitten usia sebulanan bisa di suntik nggak kak? Kyaknya suntikan lbh efektif ya.. Trus apakah scabies ini gejalanya hny terliahat di kepala? Si kitten yg lg sy rawat, klo di kepala si bersih kak, malah di lehernya yg kyknya byk luka.. Apa ini scabies juga??.. Bales ya kak, tQ :)

    BalasHapus
  10. kucing Q 6 ekor terserang penyakit ini, dan aku suntik WORMECTIN 1 minggu normal semuanya.. sekarang aku berani meluk-meluk lagi...!!!

    DIJAMIN...harganya 15 ribu kok satu botol kecil, dipakek 30 kucing gak bakal habis

    BalasHapus
  11. ada pertanyaan SMS saya saja, saya siap berbagi pengalaman
    085 736 818 760

    BalasHapus
  12. yeyen agustina9 Agustus 2014 19.32

    Mohon petunjuk gan.kucing sy scabies kt dokter udh d suntik scabies sich..bulu sy botakin biar gampang perawatannya..pas d botakin sy nemu luka d ekor sama kaki udh bau mgk udh lm g ketauan.trs sy bersihin pake alkohol,klo lukanya d obati pake apa ya? Apa akn sembuh dg sdrinya stlh d suntik?mohon d info..mks

    BalasHapus
  13. Mohon tanya, kucing saya yg terkena scabies umur 3 bulan. Sebelumnya saya sudah punya 2 ekor kucing yg sudah dewasa tp tdk pernah terkena scabies. Kira2 scabies itu didapat dari mana ya ? Krn 2 kucing dewasa saya yg lain tdk ikut tertular dari si anak kucing. Apa ada pengaruhnya krn anak kucing saya belum di vaksin ? Terimakasih

    BalasHapus