Jumat, 09 November 2012

Cara mengawinkan Kucing KimPoi Time :3

       Kucing juga hewan yaiyalah, jika sudah dewasa maka akan muncul nalurinya untuk melestarikan keturunan. Terdapat beberapa hal yang harus diketahui oleh teman teman yang ingin mengawinkan keturunannya. Pertama adalah ciri ciri kucing yang telah cukup umur dan siap kawin (based on my experience ya) atau nama ilmiahnya BIRAHI. Kucing biasanya pertama kali birahi di umur 7-12 Bulan. Untuk kucing betina ada baiknya menunggu sampai umur1 tahun agar kucing matang dalam kedewasaannya (dapat mengurus anak) dan kuat rahimnya. Periode birahi kucing betina berbeda beda , bisa sebulan sekali, duabulan sekali dll. Untuk sekali periode biasanya mempunyai lama 1-14 hari. Untuk kucing jantan periode birahinya tidak ada. Jika sudah memasuki usia birahi, bisa tiap hari loh JEGERRR

Kucing Betina
  • Kucing betina pada masa birahi biasanya sifatnya bertambah manja, pinginnya di belai belai  empunya apalagi klo pemiliknya cowok :p, sendu banget pokoknya (seneng ndusel)
  • Kucing juga akan berguling guling dilantai atau ketika sikucing diam bagian belakang (pangkal ekor) niscaya bagian tersebut akan semakin terangkat
  • Rontoknya bulu kucing, kerontokannya bukan karena penyakit namun memang gejala alami
  • Kemungkinan juga bisa terjadi, siKucing jadi agak berkurang nafsu makannya
  • Kucing akan mengeong ngeong trus. Ini tanda alaminya dalam menarik kucing pejantan. Suara eongan kucing ini agak berbeda dari biasanya, agak serak2 basah dan menggoda wkwkwkw
  • Umur kucing telah menginjak usia satu tahun, untuk kucing betina yang dibawah umur satu tahun kemudian terlihat tanda2 birahinya, sebaiknya jangan dikawinkan terlebih dahulu, karena kucing dibawah umur satu tahun jika dikawinkan beresiko kematian bagi ibu dan anaknya
 Kucing jantan
  • Mengeong ngeong
  • Jika terdapat betina , biasanya langsung menciumi bagian kelamin si betina
  • Terkadang pipis disembarang tempat (ini alami bagi semua spesies kucing untuk menandai daerahnya ) tanda si kucing sudah dewasa
Setelah kita mengetahui ciri cirinya sekarang kita akan membahasa bagaimana sih cara mengawinkan kucing ??

cara mengawinkan kucing
http://aboutkucing.blogspot.com/
  • Kucing betina dan jantan yang sudah birahi kita perkenalkan dulu. Kita letakkan keduanya dikandang yang berbeda namun berdekatan dan dapat saling melihat. Kalau saya , kedua kandang tersebut saya tutupi dengan koran sehingga si Kucing betina hanya dapat melihat ke Kucing jantan dan sebaliknya
  • Setelah masa perkenalan 1-3 hari, kita coba lepaskan keduanya dan biarkan mereka mendekat
  • Kucing betina yang siap langsung memposisikan dirinya didekat Pejantan dengan posisi bagian pantat terangkat
  • Kucing jantan menyambutnya dengan menciumi bagian kelamin betina
  • Lalu Kucing jantan akan mulai menaiki kucing betina dan mulia menggigit bagian leher belakang betina
  • Proses perkawinan selesai jika kucing betina mengeong keras , lalu berguling guling dilantai
  • Proses perkawinan terus dilakukan berulang 1 sampai 3 hari


Tanda perkawinan berhasil

betina umumnya menjerit keras, berguling guling seperti merasa gatal kegatalan, dan kadang menyerang pejantan karena merasa di sakiti, proses ini biasanya berlangsung sekitar 15 -30 menit, atau bisa juga lebih. Proses berguling guling adalah proses pembuahan agar sel telur betina dapat bertemu dengan sperma jantan



Beberapa kendala yang mungkin ditemui
Pejantan :
  • Takut terhadap betina, Pilih2 betina, kurang berpengalaman, tidak percaya diri.Untuk melatih agar jantan percaya diri biasanya pada saat jantan belajar kawin , diberikan betina yang tidak galak dan berbadan lebih kecil, berikan waktu dan kesempatan sampai dia bisa mengawinkan betina, banyak breeder yang tidak sabar, karena tidak kena2 atau lama , di ganti pejantan lain, sehingga membuat pejantan muda ini minder dan tidak percaya diri , bila terus terjadi ada kemungkinan pejantan ini tidak mau kawin lagi .
  • Kendala lain jantan tangguh dalam kawin, tetapi betinanya tidak pernah hamil, biasanya kita coba dengan beberapa betina, bila semuanya tidak ada yang hamil artinya pejantan Mandul. Ganti dengan pejantan lain.
  • Pejantan terlalu Agresif membuat betina takut, untuk kasus ini biasanya betina yang akan kita kawinkan harus pada masa2 puncak heat. tanda Betina di puncak heat biasanya seperti total pasrah dan sepertinya mau saja diperlakukan apapun, waktu kita sentuh atau pegang.
  • Pejantan terlalu kecil /badannya terlalu pendek, untuk kucing seperti ini harus dibantu untuk menemukakn sasarannya, seperti betina nya kita pegang

Betina 
  • Betina galak, kawinkan pada saat betina itu di puncak heat.Bisa dibantu dengan memegangi betina, kita elus bagian belakangnya hingga siap posisi 
  • Sering Miring /menjatuhkan badan pada saat jantan menaikinya, biasanya breeder harus bantu memegangi agar posisi betina kembali normal, dan gunakan pejantan tangguh untuk mengawinkannya.
  • Betina bisa kawin tetapi tidak produktif / mandul.
  • Trauma Perkawinan, cari pejantan yang tidak agresif, dan dikenalnya. Biasanya kita menyatukan pejantan dan betina ini sebelum masa perkawinan, agar mereka menjadi saling kenal dan berteman.

125 komentar:

  1. Ak minta tolong dong, kucingku jantan umur 2thn lebih.. setiap hari dia nyari selimutnya dia untuk di kimpoi.. setelah sekitar 5 bulanan tetep juga begitu terus.. akhirnya ak pinjem betina kawanku.. betinanya udah guling2an didepan si jantan.. udah 5hari tapi si jantan tetap saja memilih kain tadi.. tolongin dong...

    BalasHapus
  2. coba dipegangin gan kucing jantannya , suruh di mencium maaf, bagian kelamin betinanya. Kalau bisa ditaro disatu kandang jg, jgn dikasih selimutnya, biar dia fokus sma betinanya

    BalasHapus
  3. gan .. mau tanya . kalo kucing persia di x anggora bisa nda ya . . ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo kucingnya sama2 mau ga masalah koq :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.facebook.com/iqbal.luthfillah, silahkan :)

      Hapus
  5. Betinanya galak..udah birahi kalo d elus nungging tp setelah liat si jantan langsung nyakar..padahal jantannya udah 3x hamilin kucing lain,tapi si jantan udah pasrah sama betina ini,sangat galak..help us

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betina x dipegangin mbak, jangan sampe betina bisa liat jantannya, bru nanti klo udh siap posisi, jantannya dideketin dari belakang, nanti klo udh digigit tengkuknya sama jantan baru dilepas

      Hapus
  6. Klo msa heatnya udh lewat sminggu ato 2 minggu kira2 msh bs hamil gk y ??
    Mksh sblumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kawinnya setelah masa heat ? klo dia masih mau kawin berarti masih heat dan besar kemungkinan bisa hamil

      Hapus
  7. kucing gua udah satu kandang dari kecil sama betina nya, kira kira masih bisa kawin gk ya???, apa si jantan cuma nganggap si betina nya hanya sebagai teman??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun temen main, kucing tetp punya insting koq klo waktunya birahi. Bahkan ada beberapa kasus kucing yang mengawini saudaranya sendiri, meskipun sbenarnya tidak boleh ada perkawinan saudara

      Hapus
    2. Bwkkkk.......benarr mz brow

      Hapus
  8. saya jg ada kucing anggora mau di x dgn himalayan, tetapi yg anggora dr kecil sampai 1 thn dia solo cat ngga ada pergaulan sm kucing lain, jadi yg anggora jantan ini selalu agresif ngga mau sm yg betina nya, udah di coba satu ruangan tetep ngga mau jg, yg jantan nerkam yg betina menjerit, gimana lagi caranya?
    mohon bantuan nya bang bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau bisa yg jantan dibantu dipegang biar tidak agresif, lalu hidungnya diarahkan ke bagian vital betina nya agar bisa mencium aroma birahi dari betinyanya

      Hapus
  9. gan kucing jantan ane udah kebelet kawin nih ngeong-ngeong trus,namanya cemplu tapi dia masih 8 bulan gan, boleh dikawinin ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp klo jantan, kn memang dia mulai belajar kawin umur sgtu. yg ga d anjurkan klo betina.

      Hapus
  10. Gan.. warna anakan nya apa itu gan ? Kucing aku persis gitu yg betina red tabby.. yg jantan hitam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo aq dapet 3, black tortie 1 sama red tabby 2, 1lagi calico tp mati pas lahir

      Hapus
  11. Saya ad mslh dgn kucing betina dan penjabaran saya gan.. Mereka sama2 br pertama kali birahi ini. Dan mereka udh siap kawin tetapi mereka sama2 belum tau cara kawinnya.. Tiap jantan naiki si betina nya malah guling2. Klo g jd tidur2an gt. Gmn y gan? Tolong bantu

    BalasHapus
  12. Saya ad mslh dgn kucing betina dan penjabaran saya gan.. Mereka sama2 br pertama kali birahi ini. Dan mereka udh siap kawin tetapi mereka sama2 belum tau cara kawinnya.. Tiap jantan naiki si betina nya malah guling2. Klo g jd tidur2an gt. Gmn y gan? Tolong bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu guling2nya gimana ? klo guling2 kaya kegatelan itu udh berhasil kawinnya. Klo cuma tiduran biasa mungkin yang betina bisa dibantu dipegangin supaya posisinya tetep tiarap

      Hapus
  13. gan, usia kehamilan dihitung darimana yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari mulai pertama kali kawin, tandanya ketika kucingnya berhasil kawin, kucing bergulung2 mngeong. Masa kehamilan antara 55-65 hri

      Hapus
  14. kucing betinaku umurnya mungkin 8-9 bulan, udah ribut banget kayaknya pengen kawin...nggak tahan juga denger dia mengeong2 terus dan lari keluar rumah terus nyari kucing cowok..gimana caranya biar tenang ya? nasib punya 2 kucing betina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu memang siklusnya, birahi datang sekitar 2 minggu sampai 1 bulan lamanya. Dan tdk bisa dicegah atau dihilangkan karena memang hal yang alami. Cara untuk menghilangkannya ya dengan mengawinkannya, tapi dengan umur 8 bulan sangat rentan untuk dikawinkan alasannya, umur 8 bulan masih terlalu muda resiko nya besar seperti rahim yang blum matang, kejiwaan si kucing yg blum dewasa dll.

      Hapus
    2. kucing saya tidak pernah mengeong sama sekali , sejak pertama adopt smp skrg, bahkan skrg saat birahi jg ga mengeong, paling cmn kalo pas ekornya keinjek dia baru mengeong,, itu kenapa ya gan?

      Hapus
    3. Tipe nya mungkin mas, tipe pendiem. Tp tetep birahi kan ?

      Hapus
  15. Gan aku ada kucing persia betina umur 1 thn, tiap kali mau d kawinkan pasti dy galak bgt. Pernah aq cb bawa k petshop, d sana kan banyak kucing jantanny. Aq coba taruh dy d situ beberapa hari tapi masih tetap galak. Sampe2 aku pun kena sasaran cakar dn gigitanny. Skrg aku coba dekatkan dy dengan jantan lain 1 rumah tp masih tetap g mau kawin. Galakny udh hilang tp nafsu makanny menurun drastis, kmrn d timbang g sampe 1kg. Aq bingung gan. Kasih saran dong gan. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sampai skrg kucingku blm kawin dgn jantan yg udh 1 rumah. Padahal udh 3 minggu jantanny d rmh. Aq udh cb 3x ganti jantan tp tetap gagal. :((
      Pliss gan saranny

      Hapus
    2. Betinanya sudah birahi betul g mbak ? Coba pejantannya cari yg bener bener proven. Jadi klo betinanya sudah birahi bener, nanti kita bantu pegangin, dielus2 bagian belakangnnya supaya siap posisi kawin. Klo betinanya udah nungging2, jantannya siapin dari belakang n biarin dy mengendus2 bagian wanitanya. Tp inget yg betina jgn sampe bisa liat pejantannya, jd tetep diposisi hadap depan, jantan dari belakang. Nanti klo jantannya ud sreg, bakal langsung gigit tengkuk betinanya. Dan klo udh kena gtu biasanya betinanya g bakal bisa ngelawan :)

      Hapus
  16. kucing gue si cika udah setauanan umurnya, tapi ga mau mau kawin sama si juka, cika itu betina yang kaya gimana iya ? pilih pilih pejantan apa emang dia ga mau dikawinin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi dy blum siap untuk kawin, sudah birahi blum cika nya ?

      Hapus
  17. Kalo kawin sesama saudara?
    Tolong respond gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya ga boleh dongg, sma kaya manusia efeknya

      Hapus
  18. gan..
    mau tanya kucing ane cwok umr udh smpe 1th..
    prnh d comblangi sm kucing tmn, yg cwek agresif tp kucing ane cuek aja udh sminggu lbh,,
    yudah ane bw lg k rumah.. pas drumah, ane ad kucing kmpung dy dketin kucing kmpung itu cwek, tp kucing kmpungny galak gak mau sama dy, suka sesama kampung juga..
    gmn ya biar kucing cwok ane mw sm sesama Rasny, tkut klw d comblangi gk mw lgi.. cz baru pertama mw kawin.. mgkn malu2 ya..??


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, kucing ga bisa lgsung ketemu lgsung kawin. Perlu waktu juga buat pedekate. Lebih bagus lagi cari betina yg bener2 proven gan, gak galak

      Hapus
  19. Gan mao tanta. Kucing q kan udah siap kawin betina. Dri kecil dia solo cat g ada temennya terus М̣̣̥̇̊a̶̲̥̅̊ªªªªüü ạ̣̥̲̲̅̅κ̣̥̲̲̅̅u belikan pejantan kira kira ß langsung kawin gakk????

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung gan, sifatnya kucing beda2. tp cenderung yg dari kecil sendiri butuh waktu adaptasi ke kucing baru

      Hapus
  20. Aqu punya kucing betina sudah dikawinkan,dan aqu sendiri yang membantunya..karna kucing betinaku mmg galak,hari pertama gagal..si jantan msh mengalah,hari kedua bisa jd aqu bantu pegangin,dan setelah si jantan berhasil,kucingqu langsung menjerit dan guling2 kenceng bngd dan cukup lama smbil menggerang,hari ke 3 juga sudah mau tapi ttp dibantu karna posisinya ga pas,sama sesudahbegitu guling2 kenceng..
    Nah pertanyaan'y,hari ke 5 smpai ke tujuh kucing betinaqu malah terus minta dikawin lagi tapi si jantan sudah ga mau,malah dijilatin aja.
    Apakah kucingku hamil? Masalahnya sudah berhasil 2 hari waktu itu yg dibantu aqu,tapi kok sesudahnya masih birahi ? Itu bagaimana...?
    Ini sudah 2 minggu setelah tgl kawin,mmg agak manja,tapi belum keliatan perutnya,dan masih suka bermain lari2,hamil ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan hamil mbak, kucing sekali birahi memang durasinya sampe satu minggu, jadi ya dalam seminggu itu minta kawin terus meskipun sudah berhasil dihari pertaama. Kelihatan perut membesar setelah satu bulan. yg paling terlihat kalo hamil adalah puting susunya membesar dan bewarna pink

      Hapus
  21. maaf gan aku mau nanya.batas kucing proven berapa tahun ya.soalnya saya mau beli kucing peaknose tapi umurnya sudah 4 tahunan.jadi saya ragu...kira2 bagaimana ya?thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ane ga bisa jamin juga, ga pernah beli umur segitu. Biar ga ragu mending beli yang umur setahunan saja

      Hapus
  22. Bentina Kucing saya 9 bulan mau kawin tapi caranya gimana? Ada bandung tempat kucing?

    Terima kasih gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur 9 bulan masih kurang matang gan,idealnya umur satu tahu. Perkawinan alami kok asal ada jantan dan betinanya

      Hapus
  23. mau tanya dong.. kucing betinaku sudah 3hari ini dikawinin dan sudah berguling2 keras sambil mengeong.. itu tandanya berhasil ga? dan berapa lama proses perkawinannya..? usia kucingku 3th apa msh bs hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar hamil, tanda2 fisiknya bisa terlihat pada usia kandungan satu bulan keatas. Proses perkawinannya bisa 1-7 hari dan kemungkinan hamilnya sama.

      3 tahun masih bisa hamil mbak

      Hapus
  24. helo,
    mau sharing nih, 2 hari ini saya coba kawinkan betina flat (15bulan,virgin) dengan jantan ped (21bulan,sdh bs kawin)
    hari pertama, tumben seharian belum 'kena' alias belum mengeong dan berguling. saya sempat heran karena sebelumnya jantan saya pernah dikawinin dgn betina lain. dan tidak sampai 2 jam, kena 3-5x.
    hari kedua, walaupun hampir pasrah, rasa penasaran masih ada. saya coba kawinkan lagi mereka.
    dengan serius, saya perhatikan kaki betina belakang harus dipegang agar posisi bisa 'pas'.
    tidak lama, suara meongan khas terdengar agak kencang, diikuti guling2 si betina. jantan pun segera agak menjauh, tetapi perhatian tetap menuju betina. (saya berharap ini kena)
    setelah itu dicoba lagi sekitar 2-3x. tapi tidak ada yg kena.
    lalu saya masukkan mereka ke kandang masing2. di kandang itu saya melihat betina sedang menjilat/membersihkan 'kemaluan'nya.

    *yang saya masih ragu, apakah sewaktu guling2 pertanda kena, si betina harus guling2 ekstrim?
    artinya, saya pernah mengawinkan kucing yg kalo kena, dia guling2 ekstrim sampai nubruk apa2. haha
    sedangkan yg baru saja saya kawinkan, hanya guling2 ditempat. tapi lebih parah guling2nya dibanding guling2 pertanda masa heat.

    thx 4 sharing :shakehand



    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah ngeong dan guling2 sih kemungkinan besar kena, apalagi sehabis itu jilat2 kemaluannya. Semoga kucingnya hamil yaa :)

      Hapus
    2. amin..
      semoga aja, walaupun ragu :D
      btw kalau dimandiin boleh ngga sih setelah antara 2-3 harian kucing kawin?

      Hapus
    3. hahaha, malah dianjurkan kok mandinya sehari -3 hari setelah kawin soalnya klo smakin tinggi umur kehamilannya smakin rentan utk dimandikan

      Hapus
  25. Gan, ane punya kucing anggora cowok siap kawin nih, ada anggora cewek yang mau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba share di forum2 deh gan, terutama cat lovers. lebih efektif sepertinya
      jangan lupa lokasi agan (nama tempat/daerah) disebutkan, lebih bagus lagi kasih foto jantan-nya.

      semoga berhasil :)

      Hapus
    2. Ane punya anggora betina. Siap kawin juga. Tp gak tau. Uda 1 tahun apa belom. Gmn caranya mengetahui umur kucing betina yang telah 1 tahun? Ane tinggal di tebet di Jakarta selatan.

      Hapus
  26. gan kucing betina sy umur 5 menuju 6 tahun, sudah melahirkan 4 kali, masih boleh kawin lagi ga? soalnya kata dokter umur segitu udah tua jadi gaboleh kawin, pas birahi pertama stlh melahirkan terakhir sy diemin terus lanjut smpe ke 4 kali cuma jeda 2 bulan, tp kok sy lama2 kasian, jadi sy biarin kawin aja, itu kan juga kebutuhannya dia, mohon masukannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti saran dokternya aja mas, tp lain kli misalkan ada anjuran seperti itu tanya juga alasannya knpa , biar kita tahu

      Hapus
  27. gan, ane pnya 2 kucing dirumah, 1 jantan umur 7 bulan dan betina 1 tahun lebih, yg jantan ane rawat dr umur 3 bulan sedangkan si betina baru 1 minggu lebih ane adopsi, klo dirumah mereka kurang akur, si betina galak banget. nah sekarang lagi masa2 birahi ni si betina dngan gejala seperti diatas, ketika dielus dinaikin punggungnya sambil ngeong2, lalu si jantan ane arahkan ke posisi si betina, tp si jantan kurang respon, awalnya udh diarahkan ke alat vitalnya si betina juga agar diciumin tp tetap aja si jantan ga mau..malah ketakutan, akhirnya saking stress nya liat si betina ngeong dan ngarah2in bagian belakangnya terus ke si jantan tp jantan diem aja, ane masukin cotton but dan si betina spt nya menikmati sampe menjerit keras banget trs badannya guling2 spt kegatalan kalo di sentuh marah dan mau nyakar, trs 20 menit kemudian udh normal lagi spt biasa. pertanyaan ane gimana dgn kondisi masukin cotton but itu gan? jujur ane udh frustasi bgt dan kasian liat si betina birahi tinggi tp si jantan nya ga mau, klo ane lepas diluar rumah takutnya kawin sama kucing garong yg blusukan dan penyakitan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti jantannya masih belum greng gan, cb cari jantan lain yg proven , biasanya ada jasa pemacakan kucing jadi ga harus beli jantannya

      Hapus
  28. mungkin jantannya kurang "greng'. coba aja cari pejantan laen atau jasa pacak, biasanya jasapacak punya stok pejantan yang proven

    BalasHapus
  29. Aku mau tanya, kucingku persia jantan namanya jemi umurnya 1,4thn sdh kawin 2 bln lalu sama kucing anggora ttga tp skrg jemi mau kawin lg sprtinya. Sdh 2 kali kabur tiap pintu rmh dibuka pas pulang selalu ngeong kenceng bgt, yg ke 2 jemi dtg sama kucing luaran. Trnyta yg dibawa jemi kucing jantan ke rmh ( ˘̶̀ ̯˘̶́") ga ku ksih masuk kucingnya, tp si jemi terus ngeong kenceng bgt. Kata mamahku si jemi slh liat saking inginnya kawin lg. Tp mslhnya ga ada kucing yg bagus buat jemi lgi dkt rmh, aku jd bingung skrg tiap malem jemi ngeong kenceng bgt ( '˘⌣ƪ) ga tega. Mau beli kucing betina tuk jemi takut ga mau si jemi. Jdi gmna baiknya? Krna katanya cocok2an klo bgtu. Byk yg saranin steril tp kasian jemi masa sdh mau di steril.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang gtu mbak kucing jantan itu, hanya ada dua pilihan . steril atau birahi hampir setip hari

      Hapus
    2. Kawinin sama kucing aku mbak. 0856 9312 9888.

      Hapus
  30. Min mau tanya dong kucingku betina umurnya 9 bulan skrg udh masuk ke birahi yg kedua..kmrn aku coba kawinkan di pet shop kucingku langsung berubah jd galak bianget..
    Aku di cakar trus dia nyeringai serem bgt, aku cobaa diemin 3 hari msh galak jg gamau dikawinin..aku bawa pulang trus aku kandangin trus ada kucing kampung jantan ngedeketin dia gak marah/galak kenapa ya itu?
    Aku stress bgt ini mesti diapain kucingku..mohon bantuannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin stress diperjalanan petshop dan ruangan yang baru. makannya ketika dibawa kerumah dya merasa nyaman lagi

      Hapus
  31. agan kalo kucingku umur 9bln,betina.kayaknya sudah birahi berat. tp pas ta kumpulin sma jantannya malah diem aj,trus ngehindar gt.tpi pas ad kucing betina lain malah dia agresif untuk deketin,kira2 kenapa yah?trus gimana caranya mengetahui msa birahi kucing jantan?thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masih belum beradaptasi dengan kucing jantanya. Birahi kucing jntan hampir tiap hari tidak seperti betina yang berperiode

      Hapus
  32. Mas saya punya peliharaan kucing kampung. Baru dipelihara sekitar bulan agustus 2013, dia dtg krumah pas msh kecil. Dan skrg udh nunjukin ciri2 birahi, apa itu bs jd petunjuk kl umurny masuk 8/9 bulan ya? Kalo masa perkawinanny kn djelasin sekitar 1-3 hari. Apa mungkin kl kucingnya baru satu hari masa perkawinanny trs kucingnya di masukin ke dlm rumah biar gk ketemu jantanny trs si betina nggak hamil ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kemungkinan umurnya sudah 8-9 bulan dan sudah masuk masa birahi. Sekali kawin bisa lgsg hamil kok mbak

      Hapus
  33. kucing persia betinakuu umur 2,5 tahun kira2 masih bisa birahi dan p-unya anak ga ya gan ??
    terimakasih :)

    BalasHapus
  34. kalo beda usia bisa ga ya gan dijodohin/dikawinkan betinanya sekitar 2,5 tahun jantannya 12 bulanan ... dan betinanya kira2 bisa hamil ga, soalnya udah 2,5 thn dan badannya juga bogel/kecil ..
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dong, ga masalah umur pasangan, kalopun badannya kecil pengaruhnya ke besar enggak rahimnya

      Hapus
  35. Mau tanya. Kucing saya jantan jenisnya exotic, skrg lagi di kenalin sama kucing betina jenis himalayah. Baru hari pertama ketemu, kok jantan malah selalu marah ya kalo lihat betina. Si jantan jerit2 kayak mau berantem gitu. Padahal sebelumnya gak pernah gitu sama betina lain.
    Apa itu artinya jantan gak suka sama betinanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya baru ketemu, harusnya tetep dipisahin beda kandang tp bisa saling ngelihat

      Hapus
  36. Gan kucing saya umurnya uda 17 bulan tapi belum saya kawinkan,itu bahaya gak gan.,:


    Mhon penjelasanya.:)

    BalasHapus
  37. Gan kucing saya umurnya uda 17 bulan tapi belum saya kawinkan,itu bahaya gak gan.,:


    Mhon penjelasanya.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak masalah kok gan, yang bahaya klo ini gan , cek disini http://vet02ugm.wordpress.com/2011/11/24/pyometra-pada-hewan-kesayangan/

      Hapus
  38. Gan mau tanya dong, kan kucing saya persia 8 bulan udh birahi bgt smpe ngasih bokongnya ke muka si jantan tp si jantan gak ngerespon sama sekali. Gimana caranya ya gan biar kawin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jantannya birahi ga ? atw bisa cari pejantan lain yg lebih prroven

      Hapus
  39. Gan mau tanya dong kucing saya baru sebulan ini di kawinkan jantan persia dan betina himalaya, nah masalahnya si kucing jantan dah ngeong ngeong mulu minta kawin lagi kayaknya tapi sibetina gak nanggepin malah cenderung galak mendesis yg mau di tanya apakah kucing hamil udah males hubungan lg (blom pasti sih hamil tidaknya)
    Trus gimana mengatasi si jantan yg sedang horny berat krn si jantan emang doyan kawin
    Thx

    BalasHapus
  40. Mas,sy mau tanya,kucing persia sy umur 8 bulan terlanjur kimpoy ,tp cm sehari aja,dan dia dikimpoy dlm keadaan krng fit.kira2 dia bs hamil ga y?sy khawatir krn masih muda.krn sy lihat dia letih ,sy pisah dgn jantan setelah satu hari masa pertm perkimpoy-an mereka...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu aja kira2 satu bulan kalo masih birahi berarti ga hamil

      Hapus
  41. assalamualaikum ,, selamat siang,,, mas saya punya kucing betina peaknose sudah di kawini dengan persia pleat selama 3 hari, terus saya kosongkan selama 2 hari ,selanjutnya rencana saya ingin mengawininya lagi dengan ragdoll kira kira ( BERLAKU GAK PERKAWINAN SEPERTI ITU,)...saat ini kucing saya di satukan dengan ragdoll,kelihatannya si cewek lebih agresip si jantan terus mendekat, apakah mungkin masa birahinya sudah tidak ada lagi.mohon di komen untuk semua teman2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo betina nya masih birahi sih oke2 aja

      Hapus
  42. sya mau nnya tntg kcg sya
    sya kan baru dksh sma sodara sya kcg tgl 30
    januari kmrn nah sya dksh tau kcg ya itu hbs
    kimpoi tgl 27 januari , apa kira" kcg sya itu bs
    hamil karena kcg ya bru kwn 3 hri saja dan kta
    sodara sya sdh lbh dr 8 kali kwn ya,, apa kira"
    bisa hamil ya gan?
    soal ya yg sya bca kcg itu biasa ya msa birahi
    7-14 hri nnti tkt ya sya ambl trs dia tdk bs
    hamil ?
    thanx agan" CL
    maaf sya bru prtma pnya kcg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisa gan, satu hari aja sudah bisa. Tp ya tetep harus dipastikan kehamilannya kalau sudah kira2 satu bulan setelah kawin.

      Hapus
  43. oh gtu ya gan...
    mksi ya

    sya mau nnya kan kcg sya umur ya 2 thn dan gigi ya itu jg sdh tidak lngkp,,dari mkan ya aja ngunyah'a kya ya ssh bgd,,tp mkn dan mnm msh lncar pup dan kncg ya jg bgs cma saya srng kasihan liat ya...
    sya ska ksh mkanan RC dicampur ma****cat kira" bgs gak?
    klo jns makanan yg bsah merk yg bgs apa ya min?
    mksi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga masalh kok dicampur, toh kandungan cat food bagus smw. Wah klo merek ntar ane dikira sponsor lagi ;) bercanda. Kalo yang basah saya rasa semuanya bagus kok, lbih bagus lagi kalo bikin sendiri

      Hapus
  44. pagi CL
    gan sya mau nnya kcg sya kan kimpoi tgl 21
    januari ,, kimpoi ya cuma 3 hri
    trus smpe skrg msh birahi,,, sya pgng bagian
    blkng ya dia nungging dan jln dtmpt, apa klo
    sprti itu tdk hamil mksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masih birahi sampai satu bulan stelah kawin, kemungkinan belum hamil

      Hapus
    2. oh gtu ya gan,berarti sya hrs tnggu sampe tgl 21 febuari klo dia msh birahi berarti tidak hamil.
      oh ya gan sya mau nnya ,,,
      maaf sya pke fto,,kira" klo gmbr sprti ini puting ya berwarna kemerahan pink itu hamil tidak wlpun belum kemerahan banget.thanx

      for pict :

      http://imageshack.com/a/img543/9942/ijhl.jpg

      http://imageshack.com/a/img534/517/ffq0.jpg

      Hapus
  45. Minta tips nya dong. Gmn cara mengawinkan kucing yg beda ras sm postur tubuh. Kucing indukan saya mainecoon umur hampir 2 thn postur sdkt lbh gendut & panjang dr kcg jantan saya persia flatnose umr 1 thn 2 bln. Mreka sm2 baru pertama kali ini kawin, dan baru sehari ini di coba agak nya jantan nya kesulitan utk 'kena' ke betina nya. Sampe jantan nya ngos2an kecapean. Dan msh blm ada tnda2 betina mngeong keras dn guling2. Tolong saran nya, apa dlm kondisi beda postur tsb kcg msh bisa sukses kawin? Thnks b4.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibantu aja mas ngepasinnya. kalo masih g bisa ya harus cari jantan yang seimbang besarnya

      Hapus
  46. Mz aku punya 2 kucing jantan semua, lokal. yg sau itu ngeog ngeong trs kenapa ya? apa pgn kawin ya? trs kalo aku lepasin dari kndang pasti pergi2 tuh,,,gak kayak biasanya,,apa cari betina ya? itu kalo didiemin aja gpp ato gmna ya? kuatir nich.,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya positif birahi itu. Ada dua cara biar birahinya berlalu, pertama kawinkan yang kedua sterilkan

      Hapus
    2. sterilkan itu mksudnya gmna ya? kalo dikawinkan susah cari betinanya nich,,,ada juga betina nya liar,,kalo aku lepasin dari kandang takutnya pergi cari betina liar trs berantem sama jantan liar lainnya ,, tapi kalo akukandangin terus kasihan ya ngeong ngeong trs..

      Hapus
  47. oh gtu ya gan,berarti sya hrs tnggu sampe tgl 21 febuari klo dia msh birahi berarti tidak hamil.
    oh ya gan sya mau nnya ,,,
    maaf sya pke fto,,kira" klo gmbr sprti ini puting ya berwarna kemerahan pink itu hamil tidak wlpun belum kemerahan banget.thanx

    for pict :

    http://imageshack.com/a/img543/9942/ijhl.jpg

    http://imageshack.com/a/img534/517/ffq0.jpg

    BalasHapus
  48. Gan mau nanya dong saya punya kucing umur nya 8 bulanan nih tiap hari ngeong ngeong terus . Masa birahi nya berapa lama si gan ? Ane pengen kawinin masih muda banget gan .. makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing nya betina gan . Mohon info nya gan

      Hapus
    2. siklus birahi bisa muncul berjangka, bisa seminggu, dua minggu bahkan sebulan. Jadi jangan khawatir , klo kucingnya mau dikawinkan mendingan nunggu samapai umur satu tahun

      Hapus
  49. Gan sya mau nnya lg dng

    Mang kcg hmil itu maled bgd ya mau ya tdrn mulu apa emg umur 1 thn 9 bln mau ya tdrn trs? Mksi

    Mkn aja klo bnyk hts dsuapin smbl tdr jrng mau bgn ya .thnx

    BalasHapus
  50. Gan sya mau nnya lg dng

    Mang kcg hmil itu males bgd ya mau ya tdrn mulu apa emg umur 1 thn 9 bln mau ya tdrn trs? Mksi

    Mkn aja klo bnyk hrs dsuapin smbl tdr jrng mau bgn ya .thnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan biasanya males, itu umur berapa kehamilannya ?

      Hapus
    2. Kalo gk slh sih 1 bln gan?

      Hapus
  51. Sya mau nanya,tolong dijawab ya... Gni di rmah ada 2 kucing jantan n betina mereka di rawat dr kecil bareng2!!! Masalah'y jantan msih 8 bln n betina 7 bulan!!! Udah bbrpa hari ini sekitar 4-5 hari meraka kawin gtuh... Nma'y aku kira mereka blm birahi aku biarin maen satu kamar n di barengi !! Eh malah kawin trus smpe kemaren... Tpi heran'y si betina kan masih 7 bln dia dikawini trus ga ada tanda guling2 n dia klo dideketi ma jantan mna aja ga galak,justru dikawini mau aja g protes... Trus dia msih umur 7 bln badan'y kecil bgt n udah kawin bhaya ga ya... Tolong share...

    BalasHapus
  52. Hallo sya Linda di Samarinda. Mas sya lg ngawinin kucing sya . Yg jantan persia flatnose yg betinanya anggora. Mulai 2 hari yg lalu mereka sudh kawin, mating prtama betinanya kya menggeram gtu trus gk lama pas selesai betina guling". Dan gk lama mreka kawin lagi tp gk smpe betina guling" cuman menggeram doang.. Smpe hari ini kalo kawin cuman begituuu begitu aja.. Jarang liat betinanya guling" klo hbis mating. Trus pas mreka lagi mating kadang kena kdang gak kena gtu mas. Kira" kawinnya berhasil gak?? Bales please.. (pengalaman pertama breeding soalnya). Thanks

    BalasHapus
  53. Haloo saya andri dari padang..mau namya nih..saya mau beli kucing persia,saya punya dua pilihan antara induknya yg berumur hampir 2 thn dan kitten 3 bln, induknya katanya habis kawin dan ada kemungkinan hamil,tp induknya keliatan kurus dan lesu matanya berair dan mengering keliatan kotor mukanya,dan bulu di mulanya agak jarang..ada gak ciri2 kucing yang hamil semingguan? Kalo emang tu kucing hamil saya mau belinya tp kalo tidak saya beli ug anaknya saja

    BalasHapus
  54. kucing saya yg betina sedang birahi ,,pertama kali saya pasangkan dengan
    lilo beberapa hari mereka kawin...ijahnya masih birahi tapi lilonya kaya udah bosen gto yah...apa udah gk sanggup memang lilo kucingnya dah berumur...lalu saya kawinkan juga dengan kucing jantan saya ng satu lagi bumer...kira2 bolehkah mengawinkan satu betina dengan 2 jantan?

    BalasHapus
  55. Gan mau nanya nih....... Ap boleh ya kucing betina yg dlam masa birahi itu dikawin dengn 2 pejantan, setelah kawin dgn si A lalu setelah dapat 2 jam dikawin lagi sama si B... Boleh gk gan?????????

    BalasHapus
  56. Gan mau tanya nih.. cara agar kucing jantan ga pilih pilih betina gimana sih, soalnya aku punya betina sedang birahi, trus pinjem jantan temen, nah betinya udah ready posisi tapi si jantan cuek ajah..
    Pernah sijantan udah cium cium kelamin betina eh malah cuek lagi,. Aneh gan gimana yah caranya?

    BalasHapus
  57. mau nanya saya punya kucing betina, sudah dua kali mau dicoba dikawinkan, dibawa kucing jantan kerumah tapi selalu ga bisa, malah kucing saya jadi galak ke semua org dirumah kl mau dielus atau dideketin, itu kenapa ya apa emg kucing saya yg galak atau gimana? apa dia ga suka karena dikira saya melihara kucing lain? mohon bantuannya bingung soalnya mau ngawininnya gagal terus hehe

    BalasHapus
  58. Bang saya punya kucing jantan umur 1th lebih udh birahi n pertama kali mau aku kawinin,.. Betinanya punya temen saya umur 2th lha pas perkenalan saya keliru langsung saya lepas keduanya terus si jantan kayak meraung terus nyakar betinanya,.. Betinanya balik cakar terus si jantan takut. Sampek sekarang masih takut gk mau ngelihat si betina padahal udh beda kandang
    si betina sampek sekarang masih meraung kayak suara dengkuran manusia kalo tidur,.. Kalo gitu d apa'in ya bang?
    Apakah masih bisa d kawinin?

    BalasHapus
  59. Ohh ya ada yg lupa gk ketulis
    Si jantan sama betina sama" birahi

    Makasih n tolong sarannya ya bang :)

    BalasHapus
  60. gan saya mau tanya, kucingku baru 9 bulan dah aku jaga banget supaya nggak kawin. tapi tadi pagi aku lepasin bareng biar mereka main. aku tinggalin sebntar ke dapur sekitar 2-3 menit aku balik si jantan sudah kimpoi betina. aku lgsung marahin dan mereka langsung lepas, kira2 betina bisa hamil nggak ya biar baru sebentar? kasian soalnya kalau hamil..... terimakasih banyak ya gan

    BalasHapus
  61. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  62. gan minta bantuan kucingku Betina sulit kawin karena galak..
    tanda-tanda untuk kawin sudah ada,,, tapi ketika di kawinkan tidak mau...
    sudah 2 jantan di tolok sama kucing ku .. mohon bantuanya

    BalasHapus
  63. Gan,, mau tanya juga,, saya kan punya kucing jantan umur baru mau 7bulanan,, gemuk ,lucu,ciby,,gemsin bgt deh, putih bersih lgi,,,nahhh saya kan kasihan sama dia,, sendiriian,,hari ini saya ada belikan temen buat dia betina,, tpi dptnya umur 1th,,lebih kurus dri yg jantan,,, biar mereka akrab gemana cara nya ya Gan,, makasih,,

    BalasHapus
  64. Gan tlong bantu solusi nya dong. kucing sy di rumah skr lg pd sibuk kawin. kebetulan ini perkawinan pertama buat mereka. Tapi udh 2 hari ini proses perkawinan nya belum sukses. Krn posisi kucing betina selalu miring. dan si jantan badan nya terlalu di tekuk pada saat posisi nya di atas badan si betina ( sambil menggigit tengkuk betina nya) sehingga alat kelamin jantan malah ada di posisi punggung si betina. Betina malah ke dua kaki belakang nya sy bentang kan, trus ekor betina sy tarik ke samping,supaya lubang vagina nya tidak ada yg menghalangi. eehh si jantan posisi nya terlalu melengkung, jd klamin jantan nya ada di punggung betina. Ajarin gan cara megang yg jantan ama betina nya gimana.....???

    BalasHapus
  65. gan aku px kucing jntan bru beli umurnya 10 bulan, and setiap q elus bgian b*k*ng sllu nungging trz bulu rontok, and ska tiduran itu knp yha gan ? krn setauku kalau nungging gt itu cirinya sibetina minta kwin tp nie jntan ?

    BalasHapus